Khoirunnas, Moh. (2024) Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ke disiplinan Siswa MTs Darul-Ulum Giliraja Giligenting Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-COVER-MPI.pdf Download (392kB) |
|
Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-HALAMAN PERSETUJUAN-MPI.pdf Download (79kB) |
|
Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-HALAMAN PENGESAHAN-MPI.pdf Download (97kB) |
|
Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-ABSTRAK-MPI..pdf Download (7kB) |
|
Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-DAFTAR ISI-MPI.pdf Download (14kB) |
|
Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-BAB I-MPI.pdf Download (337kB) |
|
Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-BAB II-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
|
Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-BAB III-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-BAB IV-MPI.pdf Download (436kB) |
|
Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-BAB V-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
|
Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-DAFTAR PUSTAKA-MPI.pdf Download (235kB) |
|
Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-KEASLIAN TULISAN-MPI.pdf Download (113kB) |
Abstract
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Ekstrakurikuler Pramuka dipandang sebagai salah satu sarana pendidikan nonformal yang efektif untuk mengembangkan karakter siswa, khususnya dalam aspek kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan di kalangan siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum dan juga faktor pendukung dan penghambatnya. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian terdiri dari pembina Pramuka, serta siswa yang terlibat dalam kegiatan ini. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber, teknik, waktu. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: pertama kegiatan Pramuka di MTs Darul Ulum dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan melalui dua pendekatan. pendekatan keteladan, dengan menunjukkan prilaku disiplin dari pembina yang nantinya menjadi panutan bagi siswa. pendekatan kedisiplinan, Metode pembelajaran materi tentang kedisiplinanan, Metode penguatan positif, Metode kosekuensi. Kedua, faktor pendukung meliputi dukungan penuh dari kepala sekolah, sarana prasarana yang memadai dari sekolah, semangat siswa, dukungan dari orang tua siswa dan kolaborasi dengan pihak luar. Sedangkan faktor penghambat ialah kurang aktifnya pembina yang melatih hanya sebagian saja yang aktif melatih, dan kadang ada sebagian siswa yang tidak hadir dan juga kurangnya waktu keterbatasan waktu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 02:25 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 02:25 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7664 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |