Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ke disiplinan Siswa MTs Darul-Ulum Giliraja Giligenting Sumenep

Khoirunnas, Moh. (2024) Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ke disiplinan Siswa MTs Darul-Ulum Giliraja Giligenting Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-COVER-MPI.pdf

Download (392kB)
[img] Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-HALAMAN PERSETUJUAN-MPI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-HALAMAN PENGESAHAN-MPI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-ABSTRAK-MPI..pdf

Download (7kB)
[img] Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-DAFTAR ISI-MPI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-BAB I-MPI.pdf

Download (337kB)
[img] Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-BAB II-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-BAB III-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-BAB IV-MPI.pdf

Download (436kB)
[img] Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-BAB V-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-DAFTAR PUSTAKA-MPI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
MOH. KHOIRUNNAS-20381041032-KEASLIAN TULISAN-MPI.pdf

Download (113kB)

Abstract

Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Ekstrakurikuler Pramuka dipandang sebagai salah satu sarana pendidikan nonformal yang efektif untuk mengembangkan karakter siswa, khususnya dalam aspek kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan di kalangan siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum dan juga faktor pendukung dan penghambatnya. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian terdiri dari pembina Pramuka, serta siswa yang terlibat dalam kegiatan ini. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber, teknik, waktu. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: pertama kegiatan Pramuka di MTs Darul Ulum dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan melalui dua pendekatan. pendekatan keteladan, dengan menunjukkan prilaku disiplin dari pembina yang nantinya menjadi panutan bagi siswa. pendekatan kedisiplinan, Metode pembelajaran materi tentang kedisiplinanan, Metode penguatan positif, Metode kosekuensi. Kedua, faktor pendukung meliputi dukungan penuh dari kepala sekolah, sarana prasarana yang memadai dari sekolah, semangat siswa, dukungan dari orang tua siswa dan kolaborasi dengan pihak luar. Sedangkan faktor penghambat ialah kurang aktifnya pembina yang melatih hanya sebagian saja yang aktif melatih, dan kadang ada sebagian siswa yang tidak hadir dan juga kurangnya waktu keterbatasan waktu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 06 Dec 2024 02:25
Last Modified: 06 Dec 2024 02:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7664

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item