Sakdiyah, Halimatus (2024) Efektivitas Manajemen Kelas Terhadap Kedisiplinan Belajar dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
21381042017_SAMPUL.pdf Download (68kB) |
|
Text
21381042017_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text
21381042017_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (259kB) |
|
Text
21381042017_ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
21381042017_DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
21381042017_BAB I.pdf Download (235kB) |
|
Text
21381042017_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
Text
21381042017_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
21381042017_BAB IV.pdf Download (619kB) |
|
Text
21381042017_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
21381042017_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (225kB) |
|
Text
21381042017_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (296kB) |
Abstract
Kata Kunci: Efektivitas Manajemen, Kedisiplinan Belajar, Pembelajaran PAI Manajemen Kelas yang baik merupakan salah satu faktor kunci dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, dimana guru berperan sebagai pengelola utama. Di SMP Negeri 2 Pamekasan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa agar disiplin saat pelajaran sedang berlangsung. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini: pertama efektivitas manajemen kelas terhadap kedisiplinan belajar dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pamekasan dan kedua faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas manajemen kelas terhadap kedisiplinan belajar dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dan Informasi diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber informasi dari tiga guru dan satu siswa SMP Negeri 2 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama upaya efektivitas manajemen kelas terhadap kedisiplinan belajar dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pamekasan menunjukkan bahwa pengelolaan yang efektif, seperti memberikan aturan yang jelas, pendekatan yang ramah dan metode pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran yang tersedia, penempatan tata letak kelas yang sesuai, dan kedisiplinan yang terjaga. Kedua faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas manajemen kelas terhadap kedisiplinan belajar dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pamekasan yaitu lingkungan yang bersih, nyaman dan kondusif, pencahayaan yang terang serta komunikasi yang baik antara guru dan orang tua menjadi peran penting untuk memperkuat kedisiplinan siswa. Sebaliknya keadaan lingkungan kelas yang ramai dapat mempengaruhi fokus siswa yang sedang belajar bisa mengganggu aktivitas pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 06:51 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 06:51 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7699 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |