Efektivitas Manajemen Kelas Terhadap Kedisiplinan Belajar dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pamekasan

Sakdiyah, Halimatus (2024) Efektivitas Manajemen Kelas Terhadap Kedisiplinan Belajar dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
21381042017_SAMPUL.pdf

Download (68kB)
[img] Text
21381042017_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
21381042017_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
21381042017_ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
21381042017_DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
21381042017_BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
21381042017_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
21381042017_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
21381042017_BAB IV.pdf

Download (619kB)
[img] Text
21381042017_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
21381042017_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
21381042017_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (296kB)

Abstract

Kata Kunci: Efektivitas Manajemen, Kedisiplinan Belajar, Pembelajaran PAI Manajemen Kelas yang baik merupakan salah satu faktor kunci dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, dimana guru berperan sebagai pengelola utama. Di SMP Negeri 2 Pamekasan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa agar disiplin saat pelajaran sedang berlangsung. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini: pertama efektivitas manajemen kelas terhadap kedisiplinan belajar dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pamekasan dan kedua faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas manajemen kelas terhadap kedisiplinan belajar dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dan Informasi diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber informasi dari tiga guru dan satu siswa SMP Negeri 2 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama upaya efektivitas manajemen kelas terhadap kedisiplinan belajar dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pamekasan menunjukkan bahwa pengelolaan yang efektif, seperti memberikan aturan yang jelas, pendekatan yang ramah dan metode pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran yang tersedia, penempatan tata letak kelas yang sesuai, dan kedisiplinan yang terjaga. Kedua faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas manajemen kelas terhadap kedisiplinan belajar dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pamekasan yaitu lingkungan yang bersih, nyaman dan kondusif, pencahayaan yang terang serta komunikasi yang baik antara guru dan orang tua menjadi peran penting untuk memperkuat kedisiplinan siswa. Sebaliknya keadaan lingkungan kelas yang ramai dapat mempengaruhi fokus siswa yang sedang belajar bisa mengganggu aktivitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 09 Dec 2024 06:51
Last Modified: 09 Dec 2024 06:51
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7699

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item