PENDIDIKAN PERSUASIF ANDRAGOGIK DALAM Q.S Al-KAHFI: 60-82 (Tela’ah Pemikiran Prof. Dr. Quraish Shihab dalam Tafsir AlMisbah)

Ilmamiyah, Imroatul (2021) PENDIDIKAN PERSUASIF ANDRAGOGIK DALAM Q.S Al-KAHFI: 60-82 (Tela’ah Pemikiran Prof. Dr. Quraish Shihab dalam Tafsir AlMisbah). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
1. Imroatul Imamiyah_18380012055_Cover_PAI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Imroatul Imamiyah -18380012055- persetujuan pembimbing.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Imroatul Imamiyah -18380012055- pengesahan penguji.pdf

Download (59kB)
[img] Text
6. Imroatul Imamiyah_18380012055_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
5. Imroatul Imamiyah_18380012055_Absutrac_PAI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
7. Imroatul Imamiyah_18380012055_Bab I_ PAI.pdf

Download (434kB)
[img] Text
8. Imroatul Imamiyah_18380012055_Bab II_PAI.pdf

Download (896kB)
[img] Text
9. Imroatul Imamiyah_18380012055_Bab III_PAI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. Imroatul Imamiyah_18380012055_Bab IV_PAI.pdf

Download (993kB)
[img] Text
11. Imroatul Imamiyah_18380012055_Bab V_PAI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
12. Imroatul Imamiyah_18380012055_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
imroatul imamiyah- 18380012055- pengesahan penguji.pdf

Download (38kB)

Abstract

Kata Kunci : Persuasif Andagogik, Prof. Dr. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah Pendidikan adalah ujung tombak pengejuan suatu bangsa sementara pada sisi lain, asupan pendidikan yang didapatkan oleh para remaja abad 21 semakin jauh dari nilai etika yang dijungjung dalam pendiidikan. Kemorosotan akhlak menjadi salah satu gambaran pendidikan yang butuh di efaluasi dan diperhatikan kembali pada abad ini. Oleh karena itu, pendidikan persuasif andragogik merupkan formula pendidikan yang ditawarkan dalam penelitian ini yang sifatnya secara teoritik dan aplikatif, tidak membertukan sikologis para remaja yang agresif, egois, dan tidak mencermirkan keterdidikannya dalam proses menanamkan pendidikan yang humanis berbasis sikologis dalam jiwa mereka. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui konsep pendidikan persuasif andragogi pada tafsir al-Misbah dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82. 2) Untuk mengetahui nilai nilai pendidikan persuasif andragogi pada tafsir al-Misbah dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82. Dan 3) Untuk mengetahui relevansi pendidikan persuasif andragogi pada tafsir al-Misbah Q.S al-Kahfi ayat 60-82 dengan dengan sistem pendidikan di perguruan tinggi saat ini di Indonesia. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis library research (studi literatur) dan dengan pendekatan content analysis, yang bermakna teknik atau cara sistematis (proses langkah yang bersifat logis) guna menganalisis isi pesan serta mengolah nilai nilai pendidikan persuasif andragogi pada tafsir al-Misbah dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82 karya Prof. Dr. Quraish Shihab. Adapun hasil penelitian ini adalah Pertama : Bahwa konsep pendidikan persusif andragogi pada tafsir al- Misbah dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82 Antara lain : a) Konsep realitas Idialisme ilmu pengetahuan, b) Konsep stimulus respon, c) Konsep diri, d) Konsep pengalaman atau experience, e) Konsep kesiapan belajar (isti’dad), f) orientasi belajar (orientation to learning). Kedua : Adapun nilai-nilai pendidikan persusif andragogi pada tafsir al- Misbah dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82 adalah a) Kerendahan hati (tawadhu’), b) Nilai keseriusan serta kesungguhan dalam mencari ilmu, c) Nilai manfaat bagi orang lain, d) Nilai kesabaran dan berlapang dada, e) Nilai kejujuran, f) Nilai lemah-lembut, g) Nilai kedisiplinan, dan h) Nilai keberanian. Ketiga : Relevansi pendidikan persusif andragogi pada tafsir al- Misbah dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82 dengan sistem pendidikan di perguruan tinggi saat ini di Indonesia bahwa nilai andragogy persuasive Q.S al-Kahfi ayat 60-82 tercermin dalam a) sikap yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan moral bagi setiap lulusan, b) keterampilan umum mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 10 Dec 2024 02:42
Last Modified: 10 Dec 2024 02:42
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7712

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item