Rukoyyah, Rukoyyah (2022) Supervisi Penerapan Metode Ummi di SMPN 1 Sampang dan SDN 1 Dalpenang Sampang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
1. Rukoyyah_19380012064_Cover_PAI..pdf Download (59kB) |
|
Text
3. Rukoyyah_19380012064_Persetujuan Pembimbing_PAI..pdf Download (176kB) |
|
Text
4. Rukoyyah_19380012064_Pengesahan Penguji Tesis_PAI..pdf Download (279kB) |
|
Text
6. Rukoyyah_19380012064_Daftar Isi_PAI..pdf Download (106kB) |
|
Text
5. Rukoyyah_19380012064_Abstrak_PAI..pdf Download (192kB) |
|
Text
7. Rukoyyah_19380012064_BAB 1_PAI..pdf Download (322kB) |
|
Text
8. Rukoyyah_19380012064_BAB 2_PAI..pdf Download (306kB) |
|
Text
9. Rukoyyah_19380012064_BAB 3_PAI..pdf Download (152kB) |
|
Text
10. Rukoyyah_19380012064_BAB 4_PAI.pdf Download (319kB) |
|
Text
11. Rukoyyah_19380012064_BAB 5_PAI.pdf Download (197kB) |
|
Text
12. Rukoyyah_19380012064_BAB 6_PAI.pdf Download (43kB) |
|
Text
13. Rukoyyah_19380012064_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (290kB) |
|
Text
2. Rukoyyah_19380012064_Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI..pdf Download (214kB) |
Abstract
Kata Kunci : Supervisi, Metode Ummi Mempelajari al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Mepelajari al-Qur’an hendaklah dimulai sejak dini, sebab masa kanak-kanak adalah masa awal perkembangan manusia, maka dari itu penggunaan metode yang cocok dan mudah diterima sangat membantu anak dalam belajar al-Qur’an. Hal ini menjadikan sekolah-sekolah di Sampang memasukkan pendidikan Al-Qur’an kedalam kurikulum wajib yang harus diikuti oleh semua siswa. Karena waktunya yang terbatas membuat kepala sekolah harus mencari metode khusus dalam percepatan baca Al-Qur’an. Adapun metode yang digunakan adalah metode Ummi. Dalam hal ini peneliti mengambil judul supervisi penerapan metode ummi di SMPN 1 Sampang dan SDN 1 Dalpenang. Penelitian ini berfokus pada tiga hal yaitu: (1) Bagaimana langkah-langkah supervisi penerapan metode ummi di SMPN 1 Sampang dan SDN 1 Dalpenang Sampang, (2) Bagaimana tehnik supervisi penerapan metode ummi di SMPN 1 Sampang dan SDN 1 Dalpenang Sampang, (3) Apa saja factor penghambat dan pendukung supervisi penerapan metode ummi di SMPN 1 Sampang dan SDN 1 Dalpenang Sampang. Peneliti menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif, Adapun jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian deskriptif, serta pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap sumber terkait. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pertama, Pelaksanaan Supervisi di SMPN 1 Sampang dan SDN 1 Dalpenang melalui beberapa tahapan. Pertama adalah supervisi harian, supervise mingguan dan supervisi bulanan. Kedua, Tehniktehnik pelaksanan supervisi metode Ummi di SMPN 1 Sampang dan SDN 1 Dalpenang berupa tehnik individu dan kelompok. Tehnik supervise individu berupa kunjungan kelas, pertemuan individu dan observasi dokumen sedangkan tehnik kelompok berupa kunjungan sekolah, rapat evaluasi dan demonstrasi mengajar. Ketiga, Factor pendukung dari supervisi penerapan supervisi metode Ummi di SMPN 1 Sampang adalah dukungan dari kepala sekolah dan orang tua yang mendorong supervisor untuk terus melakukan supervisi, keaktifan supervisor dan kesejahteraan guru serta fasilitas yang memadai. Factor penghambatnya adalah kurangnya waktu supervisi dan minimnya supervisor yang tidak sebanding dengan banyakya kelompok yang ada. Factor pendukung pelaksanaan supervisi di SDN 1 Dalpenang Sampang adalah kerjasama antar rekan mengajar yang kompak. Sedangkan factor penghambatnya adalah guru-guru yang sulit untuk dikasih pemahaman, kurangnya tenaga pengajar dan juga kurangnya fasilitas yang memadai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 03:43 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 03:43 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7724 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |