Az-Zahroh, Aminah (2024) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa kelas IV SDIT Al-Azhar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Pembelajaran Artikulasi. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Aminah Az-Zahroh_20381052005_SAMPUL_PGMI.pdf Download (31kB) |
|
Text
Aminah Az-Zahroh_20381052005_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf Download (234kB) |
|
Text
Aminah Az-Zahroh_20381052005_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf Download (372kB) |
|
Text
Aminah Az-Zahroh_20381052005_Abstrak_PGMI.pdf Download (187kB) |
|
Text
Aminah Az-Zahroh_20381052005_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (312kB) |
|
Text
Aminah Az-Zahroh_20381052005_BAB I-PGMI.pdf Download (495kB) |
|
Text
Aminah Az-Zahroh_20381052005_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
|
Text
Aminah Az-Zahroh_20381052005_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
|
Text
Aminah Az-Zahroh_20381052005_BAB IV_PGMI.pdf Download (708kB) |
|
Text
Aminah Az-Zahroh_20381052005_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
Aminah Az-Zahroh_20381052005_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf Download (484kB) |
|
Text
Aminah Az-Zahroh_20381052005_Keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (479kB) |
Abstract
Kata kunci: Pemahaman Konsep, Metode Artikulasi, Bahasa Indonesia. Keberhasilan proses pembelajaran terlihat pada pemahaman siswa terhadap materi yang telah dikomunikasikan. Agar siswa mampu memahami suatu konsep pembelajaran, siswa harus terlibat dalam proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa adalah metode pembelajaran artikulasi. Metode ini melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dengan menugaskan siswa untuk mampu berperan sebagai penerima sekaligus penyampai materi dari pendidik. Tujuan atau fokus permasalahan yang menjadi kajian pokok penelitian ini adalah, pertama bagaimana penerapan metode pembelajaran artikulasi dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDIT Al-Azhar Kowel Pamekasan? kedua, bagaimana peningkatan pemahaman konsep siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan metode pembelajaran artikulasi di SDIT Al-Azhar Kowel Pamekasan? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dan penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang mana dalam setiap siklusnya terdapat beberapa tahapan, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Al-Azhar yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Tes digunakan untuk memperoleh data mengenai pemahaman konsep mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDIT Al-Azhar, sedangkan observasi dilakukan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan proses pembelajaran. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis mixed methods. Hasil penelitian, pertama Penerapan metode pembelajaran artikulasi dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Al-Azhar Kowel Pamekasan dilaksanakan sesuai dengan fase-fase penerapan metode pembelajaran artikulasi, yaitu 1) pendidik menyampaikan materi dan kompetensi yang akan dibahas, 2) menyampaikan materi, 3) membentuk kelompok berpasangan dua orang , 4) salah satu anggota kelompok memaparkan materi yang telah dijelaskan oleh pendidik kepada teman kelompoknya, 5) siswa yang bertugas mendengarkan pemaparan materi dari teman kelompoknya, bertugas untuk menyampaikannya di depan kelas, 6) pendidik menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa, dan 7) pendidik membimbing siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran; dan dengan kemampuan pendidik dalam mengkondisikan dan menguasai kelas, penerapan metode pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kedua, Peningkatan pemahaman konsep siswa kelas IV SDIT Al-Azhar pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan metode pembelajaran artikulasi meningkat secara signifikan yaitu pada pra siklus ketuntasan klasikal hanya memperoleh angka sebesar 37% meningkat 30% menjadi 67% pada siklus I, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 20% menjadi 87%
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 02:20 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 02:20 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7749 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |