Jannah, Haqiqotul (2024) Strategi Guru Dalam Mengatasi Rendahnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran Di SDN Buddagan II Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Haqiqotul Jannah_21381052014_cover_PGMI.pdf Download (207kB) |
|
Text
Haqiqotul Jannah_21381052014_lembar persetujuan_PGMI.pdf Download (208kB) |
|
Text
Haqiqotul Jannah_21381052014_lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (376kB) |
|
Text
Haqiqotul Jannah_21381052014_abstrak_PGMI.pdf Download (184kB) |
|
Text
Haqiqotul Jannah_21381052014_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (300kB) |
|
Text
Haqiqotul Jannah_21381052014_BAB I_PGMI.pdf Download (459kB) |
|
Text
Haqiqotul Jannah_21381052014_BAB 2_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
|
Text
Haqiqotul Jannah_21381052014_BAB 3_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
|
Text
Haqiqotul Jannah_21381052014_BAB 4_PGMI.pdf Download (510kB) |
|
Text
Haqiqotul Jannah_21381052014_BAB 5_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
Haqiqotul Jannah_21381052014_daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (422kB) |
|
Text
Haqiqotul Jannah_21381052014_lembar pernyataan tulisan_PGMI.pdf Download (231kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Guru, Rendahnya Keaktifan Peserta Didik, Pembelajaran Pembelajaran yang efektif untuk menghasilkan belajar yang berkualitas maka perlu adanya penggunaan strategi guru dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang maksimal. Dengan adanya strategi dalam pembelajaran kita dapat mempermudah proses dalam pembelajaran, yang semula di SDN Buddagan II peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dengan adanya strategi guru peserta didik menjadi aktif saat pembelajaran berlangsung. Strategi guru membuat daya tarik siswa sehingga siswa menjadi antusias maka dari itu pemilihan strategi sangat menyenangkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok sebagai berikut: pertama, apasaja strategi guru dalam mengatasi rendahnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran di SDN Buddagan II Pamekasan, Kedua bagaimana hasil strategi keaktifan peserta didik melalui strategi guru dalam mengikuti pembelajaran di SDN Buddagan II Pamekasan, ketiga, faktor-faktor strategi guru dalam mengatasi rendahnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di SDN Buddagan II Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data-datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Selanjutnya, untuk analisis data menggunakan tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, kesimpulan/penarikan. Kemudian, untuk menguji keabsahan datanya peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengatasi rendahnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, guru menentukan strategi yang akan diterapkan pada siswa dari kelas I-VI dengan beragam strategi yaitu, menerapkan ice breaking dan mulai melakukan pendekatan guru pada peserta didik atau bisa juga memberikan bimbingan khusus kepada siswa, guru juga bisa menggunakan media pembelajaran dalam bentuk audio-visual atau memberikan contoh saat menjelaskan materi pelajaran. Berbagai strategi yang telah diterapkan pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil dari strategi tersebut memberikan peningkatan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung, yang dimana peserta didik sangat antusias dan bersemangat dalam pembelajaran. Sehingga terdapat faktor yang menunjang hal tersebut diantaranya memanfaatkan fasilitas sekolah, melakukan pendekatan pada peserta didik, memberikan motivasi dan memberikan bimbingan khusus pada siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 02:20 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 02:20 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7750 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |