Rahman, Nurur (2024) Nilai-Nilai Pancasila dalam Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa di MI Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Nurur Rahman_20381051026_Cover_PGMI.pdf Download (151kB) |
|
Text
Nurur Rahman_20381051026_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf Download (34kB) |
|
Text
Nurur Rahman_20381051026_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf Download (62kB) |
|
Text
NURUR RAHMAN_20381051026_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (134kB) |
|
Text
Nurur Rahman_20281051026_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (90kB) |
|
Text
Nurur Rahman_20381051026_Bab I_PGMI.pdf Download (233kB) |
|
Text
Nurur Rahman_20381051026_Bab II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
Nurur Rahman_20381051026_Bab III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
Text
Nurur Rahman_20381051026_Bab IV_PGMI.pdf Download (421kB) |
|
Text
Nurur Rahman_20381051026_Bab V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
Nurur Rahman_20381051026_Daftar Rujukan_PGMI.pdf Download (204kB) |
|
Text
Nurur Rahman__20381051026_Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (201kB) |
Abstract
Kata kunci: Nilai-Nilai Pancasila, Pendidikan Karakter Upaya MI Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Pamekasan dalam mewujudkan pendidikan karakter siswa dengan adanya kerjasama antara guru, orang tua dan siswa yaitu pentingnya nilai-nilai pancasila dalam menguatkan pendidikan karakter siswa yang bertujuan untuk memberikan arahan, dorongan serta dukungan kepada siswa untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan menguasai IMTAQ dan IPTEK yang diinginkan bersama oleh guru dan orang tua siswa. Pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana nilai-nilai pancasila dalam menguatkan pendidikan karakter siswa di MI Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat nilai-nilai pancasila dalam menguatkan pendidikan karakter siswa di MI Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Pamekasan. Peneliti melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (non pastisipan), dan dokumentasi dengan informan kepala sekolah, guru, dan siswa. Sedangkan pengecakan keabsahan data melalui keikutsertaan, triangulasi dengan ketekunan peneliti/ pengamat yang dilakukan dengan baik dan benar. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan: Pertama, Penerapan nilai-nilai pancasila dalam menguatkan pendidikan karakater siswa dilaksanakan secara terus-menerus dan istiqomah ditambah adanya kerjasama dan dorongan dari guru serta orang tua siswa. Nilai-nilai pancasila dalam menguatkan pendidikan karakter siswa melalui aspek: a). Nilai ketuhanan. Melalui kegiatan membaca do’a, melaksanakan sholat dhuha serta sholat dzuhur secara berjama’ah. b). Nilai kemanusian. Melalui kegiatan melaksanakan kebersihan lingkungan di Madrasah. c). Nilai persatuan. Melalui kegiatan pembelajaran siswa/i saling mendukung satu sama lain. d). Nilai kerakyatan. Guru mengajarkan pentingnya menghargai perbedaan pendapat dan latar belakang dari setiap siswa di Madrasah. e). Nilai keadilan. Melalui kegiatan pada saat guru memberikan pelayanan dan kasih sayangnya kepada siswa tanpa memandang latar belakang masing-masing siswa. Kedua, Faktor pendukung nilai-nilai pancasila dalam menguatkan pendidikan karakter siswa yaitu berupa kerjasama yang baik antara: a). Kerjasama antara kepala madrasah dan guru. b). Kerjasama antara guru dengan guru. c). Kerjasama antara guru dengan siswa. d). Kerjasama siswa dengan siswa. e). Support dari orang tua siswa. f). Sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan Faktor penghambat nilai-nilai pancasila dalam menguatkan pendidikan karakter siswa yaitu: a). Minimnya kesadaran siswa. b). ada beberapa orang tua siswa yang kurang mensupport kegiatan yang dilaksanakan di madrasah. c). kekurangan guru dalam hal kemampuan dan menjaga emosional dirinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 02:20 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 02:20 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7752 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |