Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: Percetakan Sablon Dan Konveksi MUFIT Di Desa Blumbungan Kabupaten Pamekasan)

Nuriyah, Sinta (2024) Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: Percetakan Sablon Dan Konveksi MUFIT Di Desa Blumbungan Kabupaten Pamekasan). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a). Sinta Nuriyah_21383032146_Cover_ES.pdf

Download (55kB)
[img] Text
c). Sinta Nuriyah_21383032146_Persetujuan Pembimbing_ES.pdf

Download (136kB)
[img] Text
d). Sinta Nuriyah_21383032146_Halaman Pengesahan_ES.pdf

Download (208kB)
[img] Text
e). Sinta Nuriyah_21383032146_Abstrak_ES.pdf

Download (331kB)
[img] Text
f). Sinta Nuriyah_21383032146_Daftar Isi_ES.pdf

Download (44kB)
[img] Text
g). Sinta Nuriyah_21383032146_BAB I_ES.pdf

Download (249kB)
[img] Text
h). Sinta Nuriyah_21383032146_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
i). Sinta Nuriyah_21383032146_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
j). Sinta Nuriyah_21383032146_BAB IV_ES.pdf

Download (312kB)
[img] Text
k). Sinta Nuriyah_21383032146_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
l). Sinta Nuriyah_21383032146_Daftar Pustaka_ES.pdf

Download (163kB)
[img] Text
b). Sinta Nuriyah_21383032146_Pernyataan Keaslian Tulisan_ES.pdf

Download (215kB)

Abstract

Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Loyalitas Pelanggan Penerapan etika bisnis Islam dalam membangun loyalitas pelanggan adalah suatu pendekatan yang menekankan nilai-nilai moral dan prinsip-prinsip etika yang terkandung dalam ajaran Islam. Dalam konteks ini, perusahaan berkomitmen untuk menerapkan kejujuran, transparansi, dan keadilan dalam setiap interaksi dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor etis yang berkontribusi pada kepuasan pelanggan, seperti kejujuran, transparansi, dan kualitas pelayanan. Selain itu, penelitian ini juga ingin menganalisis persepsi pelanggan terhadap nilai-nilai etika yang diterapkan oleh MUFIT, serta bagaimana hal tersebut memengaruhi minat mereka untuk kembali bertransaksi dan merekomendasikan perusahaan kepada orang lain. Fokus penelitian dalam skripsi ini terdapat 2 hal, yaitu: Pertama, bagaimana penerapan etika bisnis Islam di percetakan sablon dan konveksi MUFIT di Desa Blumbungan Kabupaten Pamekasan. Kedua, bagaimana loyalitas pelanggan di percetakan sablon dan konveksi MUFIT di Desa Blumbungan Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah pemilik percetakan sablon dan konveksi MUFIT, sedangkan data sekunder dari penelitian ini menggunakan buku dan dokumentasi pendukung terkait penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan etika bisnis Islam di percetakan sablon dan konveksi MUFIT di Desa Blumbungan, Kabupaten Pamekasan, telah dilaksanakan dengan baik melalui prinsip fundamental seperti tanggung jawab atas complain pelanggan serta pemantauan karyawan, kejujuran dalam menjelaskan produk, adil melayani pelanggan, Amanah dalam proses produksi, serta motif pelayanan yang baik dan sopan. Kedua, Loyalitas pelanggan di percetakan sablon dan konveksi MUFIT di Desa Blumbungan Kabupaten Pamekasan, sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor kunci. Kualitas produk yang tinggi juga menjadi aspek penting yang mendorong kepuasan pelanggan. Selain itu, persepsi harga yang kompetitif turut meningkatkan pengalaman pelanggan. Kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan berimplikasi pada minat mereka untuk berkunjung kembali dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Pelanggan yang puas cenderung merekomendasikan MUFIT kepada orang lain, sehingga dapat memperluas basis pelanggan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 19 Dec 2024 04:31
Last Modified: 19 Dec 2024 04:31
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7770

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item