Rahmah, Zulfatur (2024) Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Kombhung di Desa Ellak Daya Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Zulfatur Rahmah_21383032162_Cover_ES.pdf Download (81kB) |
|
Text
Zulfatur Rahmah_21383032162_lembar perse.pdf Download (548kB) |
|
Text
Zulfatur Rahmah_21383032162_lembar penge.pdf Download (535kB) |
|
Text
Zulfatur Rahmah_21383032162_abstrak_ES.pdf Download (32kB) |
|
Text
Zulfatur Rahmah_21383032162_daftar isi_ES.pdf Download (91kB) |
|
Text
Zulfatur Rahmah_21383032162_Bab 1_ES.pdf Download (219kB) |
|
Text
Zulfatur Rahmah_21383032162_Bab 2_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
Zulfatur Rahmah_21383032162_Bab 3_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
Zulfatur Rahmah_21383032162_Bab 4_ ES.pdf Download (461kB) |
|
Text
Zulfatur Rahmah_21383032162_Bab 5_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
Zulfatur Rahmah_21383032162_daftar pustaka_ES.pdf Download (88kB) |
|
Text
Zulfatur Rahmah_21383032162_lembar perny.pdf Download (410kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian. Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi pada 2 Oktober 2009 di Abudabi. Dari beberapa daerah yang ada di Indonesia, yang memiliki usaha pengrajin batik yaitu Madura salah satunya terdapat di Kabupaten Sumenep. Batik Sumenep sendiri merupakan sebuah warisan budaya dari keraton Sumenep. Salah satu usaha batik yang berkembang di sumenep ialah Batik Kombhung. Batik Kombhung merupakan salah satu usaha batik yang terdapat di Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Batik kombhung sebagai objek penelitian karena merupakan salah satu industri batik sumenepmadura dengan motif limited edition, full hand made, dan corak warnanya cerah. Tujuan pokok dalam penelitian ini yakni : Pertama, untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian pada batik kombhung. Kedua, untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian pada batik kombhung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner (angket) dengan skala likert. Hasil pengujian analisis regresi linear berganda melalui aplikasi SPSS 27. Hasil Uji F secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel sebesar 81,647 > 3,09 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan variabel Kualitas Produk dan Promosi jika diuji secara simultan berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian pada Batik Kombhung. Variabel Kualitas Produk (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini terbukti dari hasil uji T yang memiliki nilai Thitung 5,747 > Ttabel 1,984 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Variabel Promosi (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini terbukti dari hasil uji T yang mempunyai nilai Thitung 3,482 > Ttabel 1,984 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,627 atau sama dengan 62,7% dengan kategori moderat dalam hal ini variabel independen memengaruhi variabel dependen. Sedangkan sisanya 37,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam analisis penelitian ini yaitu harga dan lokasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 04:32 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 04:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7771 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |