Suaidi, Achmad Rizqi (2022) Sinergi Pondok Pesantren Dengan Masyarakat Dalam Membangun Sikap Sosial Keagamaan (Studi Pada Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an Di Desa Sentol Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
sampul.pdf Download (436kB) |
|
Text
persetujuan pembimbing.pdf Download (91kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (259kB) |
|
Text
pengantar.pdf Download (548kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (520kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (676kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (698kB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (810kB) |
|
Text
bab 3.pdf Download (658kB) |
|
Text
bab 4.pdf Download (757kB) |
|
Text
bab 5.pdf Download (634kB) |
|
Text
bab 6.pdf Download (582kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (554kB) |
|
Text
pernyataan.pdf Download (193kB) |
Abstract
Kata Kunci : Sinergi, Pondok Pesantren, Masyarakat, Sikap Sosial Keagamaan Sinergi Pondok Pesantren dengan Masyarakat dalam membangun sikap sosial keagamaan merupakan hubungan yang dibangun oleh Pondok Pesantren dengan masyarakat demi menambah pengetahuan dan menjadikannya sebagai interaksi sosial yang dilandasi dasar agama.. Fokus penelitian ini adalah; Pertama, bagaimana strategi sinergi Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an dalam membangun sikap sosial keagamaan Masyarakat Desa Sentol Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Kedua, bagaimana hasil sinergi Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an dengan Masyarakat Desa Sentol dalam membangun sikap sosial keagamaan. Ketiga, apa saja faktor penghambat dan pendukung sinergi Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an dengan Masyarakat Desa Sentol dalam membangun sikap sosial keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.Untuk memperoleh keabsahan data digunakan trianggulasi sumber, trianggulasi metode. Hasil penelitian ini adalah; Pertama, strategi sinergi yang diperlukan adalah adanya perencanaan, menyusun program, dalam setiap prosesnya harus transparan dan berkoordinasi,menciptakan hubungan yang baik dan suasana yang nyaman. Kedua, hasil dari sinergi tersebut adalah terlaksananya program yang diagendakan dan beripmplikasi kepada terbangunnya sikap sosial agama seperti ta’awun dan fastabiqulkhairat. Ketiga, karena terlaksananya agenda yang menjadi program dari sinergi, maka semua faktor yang mendukung terlaksananya agenda adalah faktor pendukung program. Seperti adanya komitmen yang kuat dan tujuan yang sama dari pihak pesantren dengan masyarakat, apresiasi dan anemo yang kuat dari masyarakat, kepribadian yang baik dan sikap pengasuh yang mengutamakan hasil musyawarah atau menerima gagasan baru atau memandangan masyarakat sebagai mitra bukan bawahan juga termasuk faktor pendukung dari kesuksesan tersebut. Sedangkan untuk faktor penghambatnya sinergi dalam membangun sikap sosial agama adalah keterbatasan sarana-prasaran dan pendanaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 01:46 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 01:46 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7779 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |