Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Nyadhâr Di Desa Kebun Dadab Barat Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep

Anas, Mubarok Imam (2022) Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Nyadhâr Di Desa Kebun Dadab Barat Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
1. Imam Anas Mubarok_19380011056_Cover_PAI.pdf.pdf

Download (17kB)
[img] Text
3. Imam Anas Mubarok_19380011056_lembar Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf.pdf

Download (242kB)
[img] Text
4. Imam Anas Mubarok_19380011056_Lembar Pengesahan_PAI.pdf.pdf

Download (312kB)
[img] Text
6. Imam Anas Mubarok_19380011056_Daftar Isi_PAI.pdf.pdf

Download (296kB)
[img] Text
5. Imam Anas Mubarok_19380011056_Abstrak_PAI.pdf.pdf

Download (191kB)
[img] Text
7. Imam Anas Mubarok_19380011056_BAB I_PAI.pdf.pdf

Download (546kB)
[img] Text
8. Imam Anas Mubarok_19380011056_BAB II_PAI.pdf.pdf

Download (782kB)
[img] Text
9. Imam Anas Mubarok_19380011056_BAB III_PAI.pdf.pdf

Download (227kB)
[img] Text
10.Imam Anas Mubarok_19380011056_ BAB IV_PAI.pdf.pdf

Download (628kB)
[img] Text
11. Imam Anas Mubarok_19380011056_BAB V_PAI.pdf.pdf

Download (662kB)
[img] Text
12. Imam Anas Mubarok_19380011056_BAB VI_PAI.pdf.pdf

Download (199kB)
[img] Text
13. Imam Anas Mubarok_19380011056_Daftar Pustaka_PAI.pdf.pdf

Download (406kB)
[img] Text
2. Imam Anas Mubarok_19380011056_Surat Pernyataan Keaslian_Karya_Dan Persetujuan Publikasi_PAI.pdf.pdf

Download (264kB)

Abstract

Kata Kunci : Nilai-nilai, Pendidikan Islam, TradisiNyadhâr Pendidikan merupakan alat utama untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki masyarakat mulai dari kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta kemampuan yang diperlukan dirinya, bangsa dan negara. Pendidikan sangat dibutuh dalam rangka menjungjung nama baik Indonesia, karena tanpa adanya pendidikan tidak akan mengetahui perintah yang baik dalam mengaplikasikannya. Tradisi Nyadhâr merupakan peninggalan nenek moyang dimana dalam ajarannya memberikan rasa yang tertinggi untuk menjalankan aktifitasnya, sehingga masyarakat setempat sangat kuat atau terpengaruh akan peninggalannya. Dalam ajaran tradisi Nyadhâr terdapat nilai-nilai Pendidikan Islam. Pada dasarnya masyarakatnya benar-benar kokoh dalam melaksanakannya dan juga dalam mengarahkan ajaranya memberikan rasa yang tinggi. Sebagai syukur atau tanda terima kasih kepada nenek moyang yang mana masyarakat setempat telah diperkenalkan dengan ajaran yang indah nan sejuk ini dalam rangka beraudensi kepada Tuhan atau berlomba-lomba dalam mendekatkan diri kepada Tuhan. Fokus dalam penelitian ini adalah pertama apa motivasi tradisi nyadhâr tetap dipertahankan oleh masyarakat di desa Kebun Dadab Nyadhâr Saronggi Sumenep. Kedua Bagaimana internalisasi nilai pendidikan Islam dalam tradisi nyadhâr. Ketiga Bagaimana implikasi nilai Pendidikan Islam dalam tradisi nyadhâr terhadap kehidupan masyarakat tradisi Nyadhâr. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dimana pendekatan tersebut untuk mediskripsikan berbagai kasus yang ada dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan juga meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) apa motivasi tradisi nyadhâr tetap dipertahankan oleh masyarakat di desa Kebun Dadab Nyadhâr Saronggi Sumenep. Pertama mengarahkan mayarakat untuk sadar kepada Tuhannya bahwa dengan ajaran ini kita ditunjukan kepada jalan yang baik agar kedepannya tidak mempunyai rasa yang kurang menyenangkan terhadap dirinya sendiri, kedua akan meresakan kenikmatan yang telah diturunkan oleh Tuhan bahwa Tuhan akan senang terhadap hambanya yang melaksanakan nilai-nilai Pendidikan Islam. (2) Bagaimana internalisasi nilai pendidikan Islam dalam tradisi nyadhâr. Pertama awal mulanya tradisi Nyadhâr masyarakat masih belum meyakinkan dengan kegiatanya karena mereka masih belum tahu bahwa dengan ajaran ini terdapat nilai-nilai Pendidikan Islam yang memang diwajibkan untuk semua umat, Akan berjalannya waktu sedikiti demi sedikit mereka meyakinkan bahwa dalam ajarannya pantas untuk seruluh anggota tubuh melaksanakannya. kedua keterpurukan mereka dengan ajaran ini sehingga pada awal mulanya mereka masih ternodai dengan berbagai cara dan pada ujungnya mereka merasa dirinya hina tanpa meyakinkan akan ciptaan Tuhan ini dan terdukungnya sarana prasarana sehingga mereka meyakinkan dengan kegiatan tradisi Nyadhâr pada saat ini. (3) Bagaimana implikasi nilai pendidikan Islam dalam tradisi nyadhâr terhadap kehidupan masyarakat tradisi Nyadhâr. Pertama tardisi Nyadhâr ini mempunyai rasa sensitif terhadap masyarakat sekitar sehingga mereka berlomba-lomba dalam melaksanakan perintahnya dan kesunatannya, kedua kegiatan ini tidak mudah luntur bagi masyarakat sehingga pada ujungnya kegiatan ini mempunyai nilai tinggi dihadapan Tuhan karena Tuhan memberikan nikmat yang luar biasa supaya umatnya bersyukur dan sadar akan nikmat yang telah diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 23 Dec 2024 02:06
Last Modified: 23 Dec 2024 02:06
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7812

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item