Arifandy, Muchlis (2022) Penggunaan Media Audio dalam Menghafal al-Qur’an di Pendidikan Anak Huffad Usia Dini (PANHUD) Al-Amien Tegal Prenduan Kec. Pragaan Kab. Sumenep. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
1 Muchlis Arifandy_18380011033_Cover_PAI.pdf Download (255kB) |
|
Text
3 Muchlis Arifandy_18380011033_Persetujuanan Pembimbing_PAI.pdf Download (203kB) |
|
Text
4 Muchlis Arifandy_18380011033_Pengesahan Penguji Tesis_PAI.pdf Download (340kB) |
|
Text
6 Muchlis Arifandy_18380011033_Daftar Isi_PAI.pdf Download (259kB) |
|
Text
4 Muchlis Arifandy_18380011033_Pengesahan Penguji Tesis_PAI.pdf Download (340kB) |
|
Text
7 Muchlis Arifandy_18380011033_BAB I_PAI.pdf Download (274kB) |
|
Text
8 Muchlis Arifandy_18380011033_BAB II_PAI.pdf Download (413kB) |
|
Text
9 Muchlis Arifandy_18380011033_BAB III_PAI.pdf Download (405kB) |
|
Text
10 Muchlis Arifandy_18380011033_BAB IV_PAI.pdf Download (633kB) |
|
Text
11 Muchlis Arifandy_18380011033_BAB V_PAI.pdf Download (463kB) |
|
Text
12 Muchlis Arifandy_18380011033_BAB VI_PAI.pdf Download (335kB) |
|
Text
13 Muchlis Arifandy_18380011033_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (361kB) |
|
Text
2 Muchlis Arifandy_18380011033_Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf Download (247kB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Audio, Menghafal al-Qur’an, PANHUD. Pembelajaran dengan menggunakan media audio, dapat menambah pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik. Peserta didik tidak hanya mendengarkan pengucapan dari guru akan tapi mendapatkan tajwid yang benar dari media Audio yang didengarkan. Oleh karena itu salah satu jenis media yang dianggap mampu mengirimkan pesan atau materi secara baik adalah media audio. Ini dikarenakan presentase keampuhan yang dihasilkan lebih baik dari pada media gambar atau yang lainnya. Permasalahan penilitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan penggunaan media audio dalam menghafal al-Qur’an di PANHUD Al-Amien Tegal Prenduan Kec. Pragaan Kab. Sumenep?, 2) Bagaimana efektivitas penggunaan media audio dalam menghafal Al-Qur’an di PANHUD Al-Amien Tegal Prenduan Kec. Pragaan Kab. Sumenep?, dan 3) Bagaimana evaluasi penggunaan media audio dalam menghafal Al-Qur’an di PANHUD Al-Amien Tegal Prenduan Kec. Pragaan Kab. Sumenep?. Untuk menjawab fokus penelitian ditas, maka peneliti menggunakan metode kualitatif dengan Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data adalah data primer dan data sekunder (non manusia), sumber data manusia adalah kepala sekolah, guru, orang tua siswa dan siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Model analisis data adalah model interaktif Miles & Huberman dengan langkah-langkah kondensasi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisa data, maka peneliti dapat disimpulkan bahwa perencanaan penggunaan media audio dalam menghafal al-Qur’an di PANHUD Al-Amien Tegal Prenduan Kec. Pragaan Kab. Sumenep adalah dengan bentuk perencanaan yang terorganisir pada setiap komponen yang ada dilembaga PANHUD, ditetapkan oleh guru sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar meliputi penyiapan mental peserta didik agar dapat berperan serta secara aktif. Persiapn peralatan yang akan digunakan, ayat-ayat suci alQur’an yang akan dibahas tersedia pada media yang akan digunakan dan ruangan tempat kegiatan pembelajaran tersedia power listrik yang dibutuhkan untuk memutar program serta ruangan hendaknya sudah diatur sedemikian rupa (cahaya, ventilasi, pengaturan tempat duduk, ketenangan dan lain-lain). Sementara efektivitas penggunaan media audio dalam menghafal Al-Qur’an di PANHUD AlAmien Tegal Prenduan Kec. Pragaan Kab. Sumenep sudah berjalan dengan efektif. Hal ini terbukti dari aspek pendekatan dalam pembelajaran adalah dengan pendekatan pembelajaran terpusat pada siswa. Dalam hal ini guru memberikan konsep pembelajaran yang diwujudkan melalui model bermain, bercerita, tanya jawab, pemberian tugas, karyawisata, dan demonstrasi maka pembelajarannya ini lebih banyak pada pendekatan pembelajaran yang perpusat pada siswa. Dari aspek strategi dalam pembelajaran adalah mengacu pada target yang ditetapkan pada tiap standard kecakapan. Strategi tersebut disesuaikan dengan pendekatan dan langkah-langkah dari awal sampai akhir yang bertujuan agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Serta dari metode dalam penerapan pembelajaran adalah metode bercerita, bermain, proyek sederhana, kerja kelompok besar, karyawisata, tanya jawab, demonstrasi, pemberian tugas dan beyond center and circle time. Sedangkan evaluasi penggunaan media audio dalam menghafal Al-Qur’an di PANHUD Al-Amien Tegal Prenduan Kec. Pragaan Kab. Sumenep adalah evaluasi dilakukan secara berkala dan di waktu yang tidak ditentukan. Evaluasi ini tergantung guru mau evaluasi kapan, jadi antara satu guru dengan yang lain tidak sama waktu evaluasinya. Dan waktu itu bukan cuma satu kali, tapi berulang kali, karena yang dievaluasi itu capaian hafalan anak didik. Dan juga evaluasi ini dilaksanakan berkali-kali pada masingmasing capaian hafalan serta evalulasi setiap akhir materi dan evaluasi sumatif yang dilaksanakan di akhir semester sesuai dengan buku evaluasi yang terdiri dari nama peserta didik, kelas, hari/tanggal, ziyadah (juz,surat/ayat), tasmi’, muroja’ah, mustami’ dan keterangan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 02:15 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 02:15 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7826 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |