Pembentukan Karakter Toleransi Dalam Pendidikan Keagamaan Melalui Majelis Ta’lim Raudlatul Muta’allimin Di Desa Karang Gayam Kecamatan Omben Kabupaten Sampang

Yuliastika, Novana (2021) Pembentukan Karakter Toleransi Dalam Pendidikan Keagamaan Melalui Majelis Ta’lim Raudlatul Muta’allimin Di Desa Karang Gayam Kecamatan Omben Kabupaten Sampang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
1. Novana Yuliastika_19380012061_Cover_PAI_pdf.pdf

Download (183kB)
[img] Text
3. Novana Yuliastika_19380012061_Persetujuan Pembimbing_PAI_pdf_.pdf

Download (160kB)
[img] Text
4 Novana Yuliastika_19380012061_Pengesahan Penguji Tesis_PAI_pdf_.pdf

Download (269kB)
[img] Text
6. Novana Yuliastika_19380012061_Daftar Isi_PAI_pdf.pdf

Download (113kB)
[img] Text
5. Novana Yuliastika_19380012061_Abstrak_PAI_pdf.pdf

Download (578kB)
[img] Text
7. Novana Yuliastika_19380012061_BAB 1_PAI_pdf.pdf

Download (459kB)
[img] Text
8. Novana Yuliastika_19380012061_BAB 2_PAI_pdf.pdf

Download (578kB)
[img] Text
9. Novana Yuliastika_19380012061_BAB 3_PAI_pdf.pdf

Download (304kB)
[img] Text
10. Novana Yuliastika_19380012061_BAB 4_PAI_pdf.pdf

Download (557kB)
[img] Text
11. Novana Yuliastika_19380012061_BAB 5_PAI_pdf.pdf

Download (628kB)
[img] Text
12. Novana Yuliastika_19380012061_BAB 6_PAI_pdf.pdf

Download (179kB)
[img] Text
13. Novana Yuliastika_19380012061_Daftar Pustaka_PAI_pdf.pdf

Download (314kB)
[img] Text
2. Novana Yuliastika_19380012061_Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI_pdf_.pdf

Download (156kB)

Abstract

Kata Kunci: Karakter Toleransi, Pendidikan keagamaan, Majelis Ta’lim. Pendidikan karakter toleransi sangat dibutuhkan untuk menciptakan masyarakat yang harmonis terutama di daerah dengan riwayat konflik (Sunni-Syiah) pada tahun 2012 lalu seperti yang terjadi di desa Karang Gayam kecamatan Omben kabupaten Sampang. Dalam pendidikan karakter Islam, toleransi merupakan salah satu nilai yang harus ditumbuhkan sebagai kebajikan utama atau karakter baik seseorang, baik laki-laki maupun perempuan. Pendidikan karakter toleransi atau tasamuh dapat diperoleh melalui pendidikan formal, informal maupun nonformal. Dalam hal ini, pembentukan karakter toleransi dilakukan melalui pendidikan keagamaan di majelis ta’lim Raudlatul Muta’allimin desa Karang Gayam kecamatan Omben kabupaten Sampang. Penelitian ini berfokus pada tiga hal yaitu: (1) Bagaimana konsep pembentukan karakter toleransi? (2)bagaimana proses penerapan nilainilai toleransi? dan (3)apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan toleransi? Peneliti menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus, serta pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap sumber terkait. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pertama, konsep pembentukan karakter toleransi dalam pendidikan keagamaan adalah membentuk masyarakat yang bertaqwa kepada Allah SWT yang berpedoman pada AlQuran dan Hadits Rasulullah SAW serta menghidupkan dakwah dan ukhuwah Islamiyah dalam interaksi silaturrahminya. Kedua, proses penerapan nilai-nilai toleransi dilakukan dengan pemberian pemahaman melalui tausiyah atau kajian-kajian Islam dari para mu’allim, mengikuti acara pengajian secara aktif, dan melalui pembiasaan hadir ke majelis ta’lim. Ketiga, faktor pendukungnya adalah kesadaran masyarakat dalam beragama, adanya dukungan dari aparatur setempat serta karismatik seorang Kiai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kesibukan atas pekerjaan masing-masing warga serta rasa fanatik terhadap aliran Ahlussunnah Wal Jamaah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:22
Last Modified: 24 Dec 2024 03:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7829

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item