Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Fantasi di Kelas VII di SMP Negeri 1 Tlanakan Pamekasan

Amirullah, Amirullah (2020) Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Fantasi di Kelas VII di SMP Negeri 1 Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Amirullah_20160701070014_Cover_TBIN.pdf.pdf

Download (56kB)
[img] Text
c) Amirullah_20160701070014_lembar_persetujuan_pembimbing_TBIN.pdf.pdf

Download (111kB)
[img] Text
d) Amirullah_20160701070014_lembar pengesahan_TBIN.pdf.pdf

Download (127kB)
[img] Text
e) Amirullah_20160701070014_Abstrak_TBIN.pdf-dikonversi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
f) Amirullah_20160701070014_Daftar isi_TBIN.pdf.pdf

Download (150kB)
[img] Text
g) Amirullah_20160701070014_BAB I_TBIN.pdf.pdf

Download (305kB)
[img] Text
h) Amirullah_20160701070014_BAB II_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
i) Amirullah_20160701070014_BAB III_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
j) Amirullah_20160701070014_BAB IV_TBIN.pdf.pdf

Download (739kB)
[img] Text
k) Amirullah_20160701070014_BAB V_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
l) Amirullah_20160701070014_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf.pdf

Download (271kB)
[img] Text
b) Amirullah_20160701070014_surat_pernyataan_keaslian_tulisan_TBIN.pdf.pdf

Download (98kB)

Abstract

Kata Kunci : Video, Animasi, Menyimak, Cerita Fantasi Media pembelajaran adalah proses yang sengaja dirancang untuk menciptakan terjadinya aktivitas belajar dalam diri individu. Dengan kata lain, media pembelajaran merupakan suatu hal yang bersifat eksternal dan sengaja dirancang untuk mendukung terjadinya proses belajar internal dalam diri individu. Berdasarkan hal tersebut. Ada tiga fokus masalah dalam penelitian ini, pertama adalah bagaimana penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita fantasi di kelas VIIB SMP Negeri 1 Tlanakan pamekasan. Kedua adalah bagaimana faktor penggunaan pada penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita fantasi di kelas VIIB SMP Negeri 1 Tlanakan Pamekasan. Ketiga bagaimana faktor penghambat pada penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita fantasi di kelas VIIB SMP Negeri 1 Tlanakan Pamekasan Dalam penelitian ini, peniliti menggunakan kualitatif sebagai pendekatan penelitian dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya kelas VIIB SMP Negeri 1 Tlanakan Pamekasan dan peneliti sebagai instrumenya, sedangkan pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga prosedur, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian peneliti menganalisis data dengan cara mereduksi data yaitu merangkum, mengelompokan dan memilih hal-hal yang menurut peneliti penting, kemudian menyajikan data, untuk menyederhanakan data serta memudahkan peneliti untuk lebih memahami apa yang terjadi, kemudian penerikan kesimpulan dan verifikasi data dengan tujuan untuk validitas data yang telah terkumpul dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada beberapa langkah dalam penggunaan media video animasi, yaitu guru mempersiapkan beberapa media yang akan digunakan, kedua guru menyanpaikan materi dengan menggunakan media tersebut, kemudian guru memberikan contoh lain yang berkaitan dengan materi, lalu menyuruh siswa untuk mengemukakan pendapat, dan yang terakhir guru mengevaluasi siswa, maka dari itu penggunaan media video animasi bisa dikatakan berjalan dengan baik, dan siswa lebih mudah menguasai materi dan semangat untuk belajar dan mengajak siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, meski memang ada beberapa keterbatasan media yang digunakan namun proses dalam pembelajaran dapat berjalan dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71F ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:31
Last Modified: 24 Feb 2021 02:31
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/784

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item