Maulina, Lailatul (2024) Kebijakan Kepala Sekolah dan Madrasah dalam Menerapkan P-5/PPRA di SMAN 2 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Cover_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (244kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Lembar Persetujuan_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (188kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Lembar Pengesahan_MPI.pdf Download (349kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Kata Pengantar_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (115kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Daftar Tabel_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (5kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Daftar Isi_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (13kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Abstrak_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (353kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Bab 1_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (630kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Bab 2_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (334kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Bab 3_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (366kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Bab 4_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Bab 5_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (317kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Bab 6_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (186kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Daftar Pustaka_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (126kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_MPI.pdf Download (183kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Daftar Lampiran_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (5kB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Lampiran_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lailatul Maulina_22380042016_Riwayat Hidup_MPI_lailatulmaulina2099@gmail.com.pdf Download (107kB) |
Abstract
Kata Kunci: kebijakan, sekolah, madrasah, P5, P5-PPRA. Penting adanya kebijakan setiap lembaga pendididkan oleh kepala sekolah dan madrasah, sedangkan tidak semua sekolah menerapkan kurikulum merdeka. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; (1) bagaimana kebijakan kepala SMAN 2 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan dalam menerapkan P-5/PPRA?; (2) apa saja hambatan kebijakan kepala SMAN 2 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan dalam menerapkan P-5/PPRA?; dan (3) bagaimana kelebihan dari kebijakan kepala SMAN 2 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan dalam menerapkan P-5/PPRA? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan instrumental kolektif. Lokasi penelitian dipilih SMAN 2 Pamekasan yang terletak di Jalan Jokotole, Barurambat Timur, Kecamatan Pademawu Kabupaten pamekasan dan MAN 2 Pamekasan yang terletak di Jalan KH. Wahid Hasyim, Lawangan Daya, Kecamatan Pademawu Kabupaten pamekasan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipan, wawancara semi terstuktur dan dokumentasi terhadap beberapa sumber terkait. Analisis data dilakukan sebelum, selama, dan setelah penelitian berlangsung dengan menggunakan analisis multi kasus setelah seperangkat informasi atau data diperoleh melalui beberapa teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan kepala sekolah dan madrasah dalam menerapkan P-5/PPRA di SMAN 2 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan adalah bentuk konsekuensi yang tidak dapat dihindari dari diterapkannya kurikulum merdeka oleh sekolah atau madrasah. Tujuan kebijakan penerapan P-5/PPRA di sekolah dan madrasah dalam rangka pembentukan karakter siswa. Hal tersebut dilatarbelakangi adanya perkembangan zaman, sehingga dibutuhkan pembentukan karakter siswa berdasarkan pilihan-pilihan karakter yang telah dipetakan dalam panduan dan dimensi P-5/PPRA. Tentu pelaksanaannya dapat terelalisasi dengan adanya surat keputusan oleh pimpinan lembaga pendidikan yaitu kepala sekolah atau madrasah. Jika dilihat dari prosesnya, penerapan P-5/PPRA tidak dapat dilakukan melainkan melalui proses yang sistematis dan melibatkan semua pihak di lembaga pendidikan. Proses tersebut dimulai dari perencanaan sebagaimana hasil penelitian terdahulu dengan pembentukan tim dan diskusi terkait tema yang akan dipilih. Selanjutya, pemilihan waktu pelaksanaan P-5/PPRA merupakan startegi yang diputuskan kepala sekolah dan madrasah guna berjalannya pembelajaran secara efektif dan efisie
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 03:25 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 03:25 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7840 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |