Pengaruh Metode Debat Aktif Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas II MUT (Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah) Pondok Pesantren Ummul Quro As--Suyuty Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan

Rifqi, Muhammad Akbar Husam (2024) Pengaruh Metode Debat Aktif Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas II MUT (Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah) Pondok Pesantren Ummul Quro As--Suyuty Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381011044_Sampul.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Halaman persetujuan.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Halaman pengesahan Muhammad akbar husam rifqi 20381011044.pdf

Download (802kB)
[img] Text
20381011044_ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
20381011044_Daftar Isi.pdf

Download (19kB)
[img] Text
20381011044_BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
20381011044_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
20381011044_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
20381011044_BAB IV.pdf

Download (740kB)
[img] Text
30381011044_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
20381011044_Daftar Rujukan.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian Muhammad akbar husam rifqi 20381011044.pdf

Download (127kB)

Abstract

Kata Kunci :Metode Debat Aktif, Hasil Belajar, Siswa Metode merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan, ada banyak metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran salah satunya ialah metode debat aktif. Metode debat aktif merupakan metode yang di gunakan oleh guru untuk merangsang siwa agar lebih semangat dalam belajar dan juga untuk mengasah mental siswa, Metode debat aktif adalah metode yang membantu anak didik menyalurkan ide, gagasan dan pendapatnya. Metode debat aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa, di samping untuk membangkitkan minat belajar siswa. Metode debat aktif adalah suatu cara penyajian bahan pembelajaran dimana guru memberian tugas tertentu kepada peserta didik baik itu secara individu ataupun berkelompok dan pengerjaannya dapat dikerjakan di luar jam pelajaran dan di luar area sekolah kemudian nantinya siswa diminta untuk mempertanggung jawabkan kembali di kelas. Metode debat aktif diterapkan dalam pembelajaran yang sudah dilaksanakan oleh guru mata pelajaran fiqih kelas II MUT (Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah) Pondok Pesantren Ummul Quro As-Suyuty Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Berdasarkan fakta tersebut, maka rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah seberapa besar Pengaruh metode debat aktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Pondok Pesantren Ummul Quro As�Suyuty Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa responden. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa arah pengaruh X terhadap Y adalah positif, hal ini dibuktikan pada hasil persamaan regresi linear sederhana pada penelitian ini yaitu Y = 14,971 + 2,069 X. Hasil uji-t pada penelitian ini menunjukan bahwa variabel metode debat aktif (X) memperoleh hasil thitung sebesar 14,971 dengan taraf singnifikan 0,000. Sehingga diperoleh nilai ttabel sebesar 2,069, ini berarti bahwa thitung >ttabel (14,971 > 2,069)dan nilai signifikan (0,000 < 0,05), dengan begitu H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa variabel metode debat aktif(X) secara partial berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa (Y).berdasarkan analisis koefisien determinasi (R2 ), maka hasil koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,903 atau 90,3%. Artinya 90,3% variabel hasil belajar siswa dijelaskan oleh variabel-variabel independent (metode debat aktif). Sedangkan sisanya (100% - 90,3% = 09,7%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang belum diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Feb 2025 02:14
Last Modified: 07 Feb 2025 02:14
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7865

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item