Afif, Moh. Farhan (2023) Tazkiyyah al-Nafs Sebagai Muatan Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Pemikiran Mājid ‘Irsān Al-Kĭlānĭ dalam kitab Manāhij at-Tarbiyyah al-Islāmiyyah wa al-Murabbūna al- ‘Āmilūna Fĭhā. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
SAMPUL LENGKAP.pdf Download (413kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (314kB) |
|
Text
PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (462kB) |
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (290kB) |
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (512kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (578kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV .pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (386kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (251kB) |
Abstract
Kata Kunci: Tazkiyyah Al- Nafs, Kurikulum, Pendidikan Islam, Mājid ‘Irsān AlKĭlānĭ Kontribusi yang sangat signifikan untuk mengangkat standar pendidikan Islam adalah kajian gagasan Tazkiyyah Al- Nafs (penyucian jiwa) dalam kurikulum. Sistem pendidikan harus mengalami perkembangan jika ingin mendukung peningkatan kualitas diri melalui perilaku atau moralitas yang lebih baik. Tujuan utama dari semua ajaran Islam adalah akhlak atau perilaku yang baik. Tujuan akhir dari agama Islam adalah mencapai takwa, yaitu ketakwaan kepada Allah Swt. Oleh karena itu, penekanan pada akhlak yang baik dalam kurikulum pendidikan Islam menjadi sangat penting. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Kurikulum Pendidikan Islam dalam pemikiran Mājid ‘Irsān Al-Kĭlānĭ? 2) Bagaimana konsep Tazkiyyah Nafs dalam muatan kurikulum Pendidikan Islam menurut Mājid ‘Irsān Al-Kĭlānĭ? 3) Bagaimana relevansi tazkiyyah nafs menurut Mājid ‘Irsān Al-Kĭlānĭ dengan kurikulum Merdeka ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data primernya adalah kitab Manāhij at-Tarbiyyah alIslāmiyyah wa al-Murabbūna al-‘Āmilūna Fĭhā karya Mājid ‘Irsān Al-Kĭlānĭ dan sumber sekundernya berupa berupa kitab, buku, atau dokumen-dokumen lainnya yang menunjang dan berkaitan dengan kitab Manāhij at-Tarbiyyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kurikulum Pendidikan Islam dalam pemikiran Mājid ‘Irsān Al-Kĭlānĭ secara global bermuara pada tiga kelompok struktur; a). Kelompok Tilāwah al-Ayah, b). Kelompok Tazkiyyah, dan c). Kelompok Ta’lim al-Kitab wa al-Hikmah. Hal ini berdasarkan kurikulum yang telah diterapkan oleh baginda Nabi Saw. 2) Konsep Tazkiyyah Nafs dalam muatan kurikulum Pendidikan Islam menurut Mājid ‘Irsān Al-Kĭlānĭ meliputi empat ranah: a). Tazkiyyah al-Qudrah al-Aqliyyah, b). Tazkiyyah al-Qudrah alIrādiyyah, c). Tazkiyyah al-Qudrah al-Sam’iyyah wa al-Bashariyyah, d. Tazkiyyah al-Jism. 3) Tazkiyyah Nafs menurut Mājid ‘Irsān Al-Kĭlānĭ dengan kurikulum merdeka sangat relevan dikarenakan tazkiyyah nafs dan kurikulum merdeka terutama dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sama sama penekanan utamanya adalah beriman dan bertakwa pada tuhan yang maha esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 02:47 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 02:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7875 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |