Ghafaro, Bima (2024) Penerapan Auntentik Assesment dalam Pembelajaran Fiqih di SMP Islam Mambaul Ulum Talagah Pegantenan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
BIMA GHAFARO_20381011157_SAMPUL_PAI.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
BIMA GHAFARO_20381011157_HALAMAN PERSETUJUAN_PAI.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
BIMA GHAFARO_20381011157_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
BIMA GHAFARO_20381011157_ABSTRAK_PAI.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
BIMA GHAFARO_20381011157_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
BIMA GHAFARO_20381011157_BAB I_PAI.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
BIMA GHAFARO_20381011157_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
![]() |
Text
BIMA GHAFARO_20381011157_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
![]() |
Text
BIMA GHAFARO_20381011157_BAB IV_PAI.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
BIMA GHAFARO_20381011157_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
![]() |
Text
BIMA GHAFARO_20381011157_DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BIMA GHAFARO_20381011157_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf Download (70kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan, Auntentik Assesment, Pembelajaran Fiqih Penilaian yang sering digunakan pada tingkat sekolah menengah pertama adalah aspek kognitif saja, dikarenakan pada tingkat sekolah tersebut lebih memusatkan pada kompetensi pemahaman dan penguasaan materi pembelajaran. Namun pada asesmen autentik ini akan mengungkapkan hasil penilaian, baik aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana penerapan auntentik assesment dalam Pembelajaran Fiqih di SMP Islam Mambaul Ulum Talagah Pegantenan Pamekasan; kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan auntentik assesment dalam Pembelajaran Fiqih di SMP Islam Mambaul Ulum Talagah Pegantenan Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan kondensasi data, penyajain data dan verifikasi data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan auntentik assesment dalam Pembelajaran Fiqih di SMP Islam Mambaul Ulum, sebagai berikut: a). Penilaian afektif, guru mata pelajaran Fiqih dalam ranah penilaian afektif ialah menggunakan teknik penilaian diri sendiri dengan cara guru memberikan intrumen penilaian kepada siswa pada saat proses pembelajaran Fiqih berlangsung; b). Penilaian kognitif, guru Fiqih memberikan tes tertulis berupa soal pilihan ganda maupun essay, serta tes tidak tertulis atau tes lisan untuk mengukur pengetahuan kognitif siswa; c). Penilaian psikomotorik, guru Fiqih melakukan penilaian dengan cara melakukan praktek seperti; praktik sholat, membaca ayat Al-Qur’an, dan hadits yang berkaitan dengan materi pembelajaran, dan lain sebagainya; kedua, faktor pendukung dan penghambat penerapan auntentik assesment dalam Pembelajaran Fiqih di SMP Islam Mambaul Ulum, sebagai berikut: a). Faktor pendukungnya, meliputi: mendelegasikan guru guru untuk ikut berbagai pelatihan atau penataran yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan, tersedianya fasilitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran; b). Faktor penghambatnya, meliputi: perbedaan karakter setiap siswa yang dimilikinya yang menjadi kesulitan guru dalam mengimplemintasikan authentic assassment
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 02:43 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 02:43 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7884 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |