Implementasi Syarat Kecakapan Khusus Pramuka Penggalang dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMPN 1 Kadur Kabupaten Pamekasan

Afsari, Mohamad (2024) Implementasi Syarat Kecakapan Khusus Pramuka Penggalang dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMPN 1 Kadur Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Mohamad Afsari_21381011032_Cover_PAI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Mohamad Afsari_21381011032_HALAMAN PERSETUJUAN_PAI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Mohamad Afsari_21381011032_Halaman Pengesahan_PAI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Mohamad Afsari_21381011032_ABSTRAK_PAI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Mohamad Afsari_21381011032_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Mohamad Afsari_21381011032_BabI_PAI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Mohamad Afsari_21381011032_BabII_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
Mohamad Afsari_21381011032_BabIII_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
Mohamad Afsari_21381011032_BabIV_PAI.pdf

Download (335kB)
[img] Text
Mohamad Afsari_21381011032_BabV_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
Mohamad Afsari_21381011032_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Mohamad Afsari_21381011032_Keaslian Tulisan_PAI.pdf

Download (200kB)

Abstract

Kata Kunci : Implementasi, Syarat Kecakapan Khusus, Pramuka Penggalang, Karakter Religius. Di era globalisasi dan modernisasi, berbagai tantangan moral dan spiritual dihadapi oleh generasi muda, termasuk siswa SMP. Hal ini dapat mengakibatkan lemahnya karakter religius dan berakibat pada perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama dan norma sosial. Salah satu upaya SMPN 1 Kadur dalam pembentukan karakter religius yakni melalui implementasi syarat kecakapan khusus pramuka penggalang. Untuk itu peneliti menyusun sebuah rumusan masalah sebagai berikut: Pertama bagaimana implementasi Syarat Kecakapan Khusus Pramuka Penggalang dalam membentuk karakter religius siswa di SMPN 1 Kadur Kabupaten Pamekasan. Kedua bagaimana kendala yang dialami siswa dalam implementasi syarat kecakapan khusus. Dan ketiga apa solusi Pembina pramuka dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah, Pembina satuan pramuka SMPN 1 Kadur, Pembina Gugus depan pramuka SMPN 1 Kadur dan siswa SMPN 1 Kadur. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Implementasi syarat kecakapan khusus pramuka penggalang dalam membentuk karakter religius siswa di SMPN 1 Kadur kabupaten Pamekasan dilakukan dengan cara pengujian syarat kecakapan khusus pramuka penggalang dengan syarat dilantik menjadi penggalang rakit. Implementasi syarat kecakapan khusus juga dilakukan dengan melalui pendekatan kepada guru ngaji dan orang tua siswa, dengan target telah membaca al-qur’an 10-30 juz, menanyakan kebiasaan-kebiasaan siswa, memberikan lembar kendali sholat selama 3 bulan, dan mengadakan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat sekitar. Kedua Kendala yang dialami siswa dalam Implementasi syarat kecakapan khusus pramuka penggalang yaitu rasa malas siswa untuk hadir kegiatan pramuka, ini menjadi kendala utama karena untuk mengimplementasikan syarat kecakapan khusus harus melaksanakan pengujian terlebih dahulu. Kedua, penggunaan gadget yang berlebihan yang berpengaruh terhadap produktifitas dan pembentukan karakter religius siswa. Ketiga Solusi pembina pramuka untuk mengatasi kendala siswa dalam Implementasi syarat kecakapan khusus pramuka penggalang dalam membentuk karakter religius siswa di SMPN 1 Kadur kabupaten Pamekasan, yaitu dengan cara melakukan pendekatan kepada siswa dengan pemberian reward, dan juga melakukan pendekatan kepada orang tua untuk memantau penggunaan gadget pada anak sehingga tidak berdampak buruk pada perkembangan karakter siswa, karakter religius utamanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Feb 2025 04:23
Last Modified: 07 Feb 2025 04:23
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7912

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item