Raihana, Riaya (2024) Inovasi Pembelajaran Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas X MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Riaya Raihana_21381012106_Cover_PAI.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
Riaya Raihana_21381012106_Lembar Persetujuan_PAI.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
Riaya Raihana_21381012106_Halaman Pengesahan_PAI.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
Riaya Raihana_21381012106_Abstrak_PAI.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
Riaya Raihana_21381012106_Daftar Isi_PAI.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
Riaya Raihana_21381012106_Bab 1_PAI.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text
Riaya Raihana_21381012106_Bab 2_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
![]() |
Text
Riaya Raihana_21381012106_Bab 3_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
![]() |
Text
Riaya Raihana_21381012106_Bab 4_PAI.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
Riaya Raihana_21381012106_Bab 5_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
![]() |
Text
Riaya Raihana_21381012106_Daftar Pustaka_PAI..pdf Download (414kB) |
![]() |
Text
Riaya Raihana_21381012106_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf Download (209kB) |
Abstract
Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Fikih Inovasi pembelajaan merupakan cara baru yang dilakukan oleh guru untuk membantu siswa membangun pengetahuan dan mengubah perilku ke arah yang lebih baik. Dengan menggunakan teknik atau gagasan baru untuk memfasilitasi kemajuan belajar siswa. Pada tahun ajaran 2023, MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep mulai menerapkan Kurikulum Merdeka untuk kelas X, namun beberapa guru fikih masih beradaptasi dari Kurikulum 2013. Kurikulum ini mengharapkan guru tidak hanya mengajar dengan baik, tetapi juga membangun hubungan dengan siswa, memanfaatkan teknologi, dan terus meningkatkan pengajaran. Guru dituntut kreatif, inovatif, dan energik untuk membantu siswa berpikir mandiri. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana inovasi pembelajaran dalam penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran fikih di kelas X MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep? Kedua, bagaimana problematika inovasi pembelajaran dalam menerapkan kurikulum merdeka pada mata pelajaran fikih di kelas X MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru fikih, dan siswa kelas X. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, Inovasi Pembelajaran Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas X MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep yaitu model pembelajaran langsung, model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran inkuiri. Kedua, adapun problematika inovasi pembelajaran Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas X MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep yaitu, resistensi guru yang terbiasa dengan menggunakan metode tradisional, keterbatasan fasilitas dan anggaran di beberapa sekolah, kurangnya media pendukung dalam pembelajaran, Belum mampu mengembangkan kreativitas peserta didik sesuai dengan yang diharapkan, latar belakang siswa yang beragam dan kesulitan memahami istilah istilah dalam materi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 03:05 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 03:05 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7920 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |