Strategi Inovatif Guru Di Era Disruptif Dalam Pembelajaran IPA Yang Efektif Pada Siswa SDN Bulay 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan

Aprilia, Annisa (2024) Strategi Inovatif Guru Di Era Disruptif Dalam Pembelajaran IPA Yang Efektif Pada Siswa SDN Bulay 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
20381052046_Lembar Persetujuan_Annisa Aprilia.pdf

Download (47kB)
[img] Text
20381052046_Lembar Pengesahan Skripsi_Annisa Aprilia.pdf

Download (101kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
20381052046_Pernyataan Keaslian_Annisa Aprilia.pdf

Download (96kB)

Abstract

Kata kunci: Strategi Inovatif Guru, Pembelajaran IPA yang Efektif Peneliti membahas tentang strategi inovatif guru di era disruptif dalam pembelajaran IPAS yang efektif pada siswa SDN Bulay 2 yang menurut peneliti layak dibahas dan dipermasalahkan. Tetapi dalam penelitian ini, peneliti hanya membahas tentang Strategi inovatif guru di era disruptif dalam pembelajaran IPA yang efektif pada siswa dimana guru memberikan strategi kepada peserta didik agar selalu efektif dalam pembelajaran IPA. Tetapi dalam strategi inovatif guru di era disruptif dalam pembelajaran IPA yang efektif pasti ada dampak yang mempengaruhinya. Fokus penelitian ini ada dua, yaitu pertama, bagaimana strategi inovatif guru di era disruptif dalam pembelajaran IPA yang efektif pada siswa SDN Bulay 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Kedua, bagimana dampak strategi inovatif guru di era disruptif dalam pembelajaran IPA yang efektif pada siswa SDN Bulay 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang menjadi informan yaitu guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil penelitian ini yaitu: pertama, Pada pembelajaran IPA di kelas IV guru menggunakan media seperti proyector, laptop, dan juga permainan seperti talking stick (tongkat bergilir). Dengan menggunakan media tongkat bergilir, siswa sangat antusias, efektif, dan aktif dalam pembelajaran IPA. Kedua, Dampak dari strategi ini siswa tambah rajin belajar, tambah senang dalam pembelajaran IPA. Karena guru menggunakan media dan metode yang disenangi siswa. Jadi guru hanya mendampingi siswa, karena dengan menggunakan media dan metode yang disenangi siswa, siswa sudah aktif dalam pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Feb 2025 01:47
Last Modified: 13 Feb 2025 01:54
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7939

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item