Aprilia, Annisa (2024) Strategi Inovatif Guru Di Era Disruptif Dalam Pembelajaran IPA Yang Efektif Pada Siswa SDN Bulay 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
SAMPUL SKRIPSI.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
20381052046_Lembar Persetujuan_Annisa Aprilia.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
20381052046_Lembar Pengesahan Skripsi_Annisa Aprilia.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
20381052046_Pernyataan Keaslian_Annisa Aprilia.pdf Download (96kB) |
Abstract
Kata kunci: Strategi Inovatif Guru, Pembelajaran IPA yang Efektif Peneliti membahas tentang strategi inovatif guru di era disruptif dalam pembelajaran IPAS yang efektif pada siswa SDN Bulay 2 yang menurut peneliti layak dibahas dan dipermasalahkan. Tetapi dalam penelitian ini, peneliti hanya membahas tentang Strategi inovatif guru di era disruptif dalam pembelajaran IPA yang efektif pada siswa dimana guru memberikan strategi kepada peserta didik agar selalu efektif dalam pembelajaran IPA. Tetapi dalam strategi inovatif guru di era disruptif dalam pembelajaran IPA yang efektif pasti ada dampak yang mempengaruhinya. Fokus penelitian ini ada dua, yaitu pertama, bagaimana strategi inovatif guru di era disruptif dalam pembelajaran IPA yang efektif pada siswa SDN Bulay 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Kedua, bagimana dampak strategi inovatif guru di era disruptif dalam pembelajaran IPA yang efektif pada siswa SDN Bulay 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang menjadi informan yaitu guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil penelitian ini yaitu: pertama, Pada pembelajaran IPA di kelas IV guru menggunakan media seperti proyector, laptop, dan juga permainan seperti talking stick (tongkat bergilir). Dengan menggunakan media tongkat bergilir, siswa sangat antusias, efektif, dan aktif dalam pembelajaran IPA. Kedua, Dampak dari strategi ini siswa tambah rajin belajar, tambah senang dalam pembelajaran IPA. Karena guru menggunakan media dan metode yang disenangi siswa. Jadi guru hanya mendampingi siswa, karena dengan menggunakan media dan metode yang disenangi siswa, siswa sudah aktif dalam pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 01:47 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 01:54 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7939 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |