Representasi Makna pada Slogan UMKM Makanan di Pamekasan :Kajian Semantik

Mei, Hafidz Sahlan (2024) Representasi Makna pada Slogan UMKM Makanan di Pamekasan :Kajian Semantik. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Hafidz Sahlan_20381071124_cover_TBIN.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Hafidz Sahlan_20381071124_halaman persetujuan_TBIN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Hafidz Sahlan_20381071124_halaman pengesahan_TBIN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Hafidz Sahlan_20381071124_abstrak_TBIN.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Hafidz Sahlan_20381071124_daftar isi_TBIN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Hafidz Sahlan_20381071124_BAB I_TBIN.pdf

Download (438kB)
[img] Text
Hafidz Sahlan_20381071124_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
Hafidz Sahlan_20381071124_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
Hafidz Sahlan_20381071124_BAB IV_TBIN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hafidz Sahlan_20381071124_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
Hafidz Sahlan_20381071124_daftar pustaka_TBIN.pdf

Download (408kB)
[img] Text
Hafidz Sahlan_20381071124_pernyataan keaslian tulisan_TBIN.pdf

Download (420kB)

Abstract

Kata Kunci: Representasi, Makna, Slogan, UMKM, Makanan. Slogan adalah kalimat yang singkat, menarik serta mudah diingat, dalam slogan juga terdapat makna yang tersimpan di dalamnya dengan tujuan bahwa makna tesebut dapat dipahami oleh para pembacanya. Slogan juga digunakan oleh para pedagang UMKM makanan seperti halnya warung-warung makanan serta pedagang kaki lima yang ada di Pamekasan yakni sebagai salah satu sarana untuk memikat para pelanggan, agar mereka(palanggan) dapat tertarik untuk mebeli barang dagangan yang dijualnya tersebut. Aadpun yang menjadi tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk dapat mendeskripsikan makna leksikal pada slogan UMKM makanan di Pamekasan, (2) makna kontekstual pada slogan UMKM makanan di Pamekasan, (3) makna gaya bahasa yang digunakan pada slogan UMKM makanan di Pamekasan. Metode penelitan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data slogan dalam penelitian ini yaitu kalimat pada slogan yang digunakan oleh UMKM makanan di Pamekasan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik identifikasi, teknik klarifikasi data dan teknik verifikasi data. Hasil penelitian yaitu terdapat sepuluh slogan pada sepuluh UMKM makanan yang ada di Pamekasan, kemudian pada setiap slogan terdapat makna leksikal sebagai makna dasar pada setiap kata yang digunakannya dalam slogan tersebut. Setiap slogan terdapat makna kontekstual yakni makna yang menjelaskan tentang suatu konteks tertentu dari penggunaan slogan tersebut. Setiap slogan yang digunakan juga memiliki gaya bahasa yang berbeda-beda, diantranya yaitu terdapat 6 slogan yang menggunakan gaya bahasa hiperbola kemudian satu slogan yang menggunakan gaya bahasa repetisi, dua slogan yang menggunakan gaya bahasa denotatif dan satu slogan yang menggunakan gaya bahasa aliterasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:15
Last Modified: 17 Feb 2025 01:15
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7953

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item