Masruroh, Masrul (2024) Penerapan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Hidayatun Najah Desa Samiran. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
18381072089_COVER.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
18381072089_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
18381072089_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
18381072089_ABSTRAK.docx Download (17kB) |
![]() |
Text
18381072089_DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
18381072089_BAB I.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
18381072089_BABII.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
![]() |
Text
18381072089_BABIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
![]() |
Text
18381072089_BABIV.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
![]() |
Text
18381072089_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
18381072089_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (86kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan, Pembelajaran Daring, Pelajaran Bahasa Indonesia Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya pandemic covid-19 yang mengharuskan seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 dimana pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan sebagai salah satu upaya untuk tetap mewujudkan tujuan pendidikan di Indonesia di tengah pandemic covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Hidayatun Najah Desa Samiran. Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana perencanaan pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Hidayatun Najah Desa Samiran. Kedua, bagaimana penerapan pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Hidayatun Najah Desa Samiran. Ketiga, apa saja kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Hidayatun Najah Desa Samiran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa SMA Hidayatun Najah. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan pembelajaran daring mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Hidayatun Najah dilakukan menggunakan media whatsapp group, pemberian perangkat pembelajaran (RPP), pemberian power point (PPT) dan juga catatan-catatan ringkas kepada siswa. Kedua, penerapan pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Hidayatun Najah masih belum begitu efektif dikarenakan pembelajaran daring adalah suatu hal yang baru yang mengharuskan sekolah menyesuaikan diri dengan tuntutan pemerintah dan juga sebagian materi dilangsungkan tanpa tatap muka, meski begitu para guru di SMA Hidayatun Najah sebisa mungkin meminimalisir agar pembelajaran daring tetap berlangsung. Ketiga, kelebihan penerapan pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Hidayatun Najah diantaranya: terhindar dari virus corona, waktu dan tempat lebih fleksibel, sedangkan kekurangan dari penerapan pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Hidayatun Najah diantaranya: terbatasnya fasilitas gawai dan kuota internet untuk siswa dan kurangnya waktu saat guru menyampaikan materi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 01:16 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 01:16 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7961 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |