Murtada, Mohammad Ali (2023) Internalisasi Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran Kitab Tarbiyah Al-Aulad Fi Al-Islam di SMA Puncak Darussalam Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Sampul_ PAI.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Pengesahan Penguji_ PAI.pdf Download (688kB) |
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Pengesahan Pembimbing_ PAI.pdf Download (596kB) |
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Daftar isi_ PAI.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Abstrak_ PAI.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Bab I_ PAI (1).pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Bab I_ PAI.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Bab III_ PAI.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Bab IV_ PAI.pdf Download (582kB) |
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Bab V_ PAI.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Bab VI- PAI.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Daftar Pustaka_ PAI.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Pernyataan Keaslian_ PAI.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text
Mohammad Ali Murtada_ 21380011046_ Lampiran-lampiran_ PAI.pdf Download (644kB) |
Abstract
Kata Kunci : Internalisasi, Nilai, Karakter Religius Pendidikan karakter menjadi penting bagi keteguhan dan kekokohan suatu bangsa, karena pendidikan karakter adalah suatu proses panjang dalam rangka mengantarkan manusia untuk menjadi seseorang yang memiliki kekuatan intelektual dan spiritual, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya di segala aspek. Fokus dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi nilai karakter religius melalui pembelajaran kitab Tarbiyah al-aulad fi al-islam Di SMA Puncak Darussalam. Apa saja nilai karakter religius yang diinternalisasikan melalui pembelajaran kitab Tarbiyah al-aulad fi al-islam di SMA Puncak Darussalam, serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses internalisasi nilai karakter religius melalui pembelajaran kitab Tarbiyah al-aulad fi al-islam di SMA Puncak Darussalam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yaitu mengungkapkan dan merumuskan data lapangan dalam bentuk katakata dan juga dapat menggambarkan realitas aslinya untuk kemudian data tersebut dianalisis dan diabstraksikan dalam bentuk teori sebagai tujuan akhir. analisis yang peneliti gunakan adalah analisis non statistik yang mana analisisnya hanya data yang telah berhasil dihimpun dalam pedoman wawancara yaitu catatan lapangan. SMA Puncak Darussalam merupakan lembaga yang menerapkan proses internalisasi nilai karakter religus bagi siswanya, dengan pembelajaran kitab Tarbiyah al-aulad fi al-islam, dengan memperkuat nilai-nilai pendidikan karakter terhadap peserta didiknya, baik itu berupa pembelajaran dikelas seperti pengenalan, pemahaman serta mempraktekkan materi-materi keagamaan serta program-program pembiasaan yang dilakukan secara rutin, seperti shalat duha bersama, shalat dhuhur berjama’ah, berdoa sebelum dan sesudah belajar dan lain sebagainya. Pendidikan karakter religius di SMA Puncak Darussalam meliputi pendidikan keimanan, moral, fisik, sosial, kejiwaan dan pendidikan rasio.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 02:55 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 02:55 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7993 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |