Membangun Karakter Religius Santri Melalui Pendidikan Langgar: Studi Kasus di Langgur

Ali, Moh. (2023) Membangun Karakter Religius Santri Melalui Pendidikan Langgar: Studi Kasus di Langgur. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Text
Pengesahan Penguji.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian.pdf

Download (150kB)

Abstract

Katakunci: Karakter, Santri, Pendidikan Langgar. Pendidikan langgar Dalam membangun karakter religius santri di langgar Al-Khairat dan langgar Al-Hikmah terus mengalami perkembangan yang positif, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam membimbing santri. Penelitian ini di fokuskan pada Membangun Karakter Religius Santri Melalui Pendidikan Langgar mulai dari upaya, hasil hingga faktor pendukung dan penghambat dalam Membangun Karakter Religius Santri Melalui Pendidikan Langgar. Untuk menyelesaikan problem ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Lokasi penelitiannya di Langgar Al-khairat dan langgar Al-Hikmah dengan pengumpulan datanya melalui observasi , wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis datanya di lakukan selama proses penelitian dan setelah penelitian berlangsung dengan model analisis induktif dalam mereduksi data, penyajian data serta menganalisis data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Membangun Karakter Religius Santri Melalui Pendidikan Langgar, melalui tanya jawab, mencermati, hingga mengumpulkan data, mengasosiasi serta mengkomunikasikan hasilnya. Sedangkan upaya yang dilakukan di langgar Al-Khairat adalah membimbing dalam memberikan pelayanan melalui sosialisasikan tujuan yang hakiki kita. Sedangkan di Langgar Al-Hikmah upaya yang dilakukan adalah mengupayakan santri untuk selalu berkometmen yang baik dan tingkah laku dan tutur kata yang baik. Kedua hasil dari Pendidikan langgar dalam membangun karakter religius santri di langgar Al-Khairat sangat membawa dampak positif dan memuaskan terlihat dengan sikap santri yang semakin agamis dan disiplin, sedangkan di langgar Al-Hikmah hasilnya sudah bisa di rasakan terbukti dengan sikap santri yang semakin disiplin dan semakin giat dalam belajar ilmu agama. Ketiga faktor pendukung Langgar Al-Khairat dalam membangun karakter santri melalui Pendidikan langgar adalah kesdaran orang tua akan pentingnya Pendidikan karakter sejak dini, sedangkan di langgar Al-Hikmah adalah lingkungan yang masih kental dengan Pendidikan agama. Kemudian faktor penghambat di langgar Al-Khairat dalam membangun karakter religius santri adalah kurangnya sifat disiplin waktu dikarnakn jarak yang jauh, sedangkan di langgar Al-Hikmah adalah adanya santri yang masih nakal dan sulit di atur dari berbagai keragaman santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 26 Feb 2025 02:07
Last Modified: 26 Feb 2025 02:07
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8003

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item