Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Merindu Cahaya De Amstel: Sutradara Hadrah Daeng Ratu

Nabila, Iffatul (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Merindu Cahaya De Amstel: Sutradara Hadrah Daeng Ratu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Iffatul Nabila_20381072060_Sampul_TBIN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Iffatul Nabila_20381072060_Lembar Persetujuan_TBIN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Iffatul Nabila_20381072060_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Iffatul Nabila_20381072060_Abstrak_TBIN.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Iffatul Nabila_20381072060_Daftar Isi_TBIN.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Iffatul Nabila_20381072060_Bab 1_TBIN.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Iffatul Nabila_20381072060_Bab 2_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
Iffatul Nabila_20381072060_Bab 3_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Iffatul Nabila_20381072060_Bab 4_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
Iffatul Nabila_20381072060_Daftar Pustaka_TBIN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Iffatul Nabila_20381072060_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_TBIN.pdf

Download (161kB)

Abstract

Kata kunci: nilai-nilai Pendidikan, karakter Pendidikan adalah perubahan sikap dan perilaku individu atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan, proses perbuatan, dan cara mendidik. Berbicara tentang pendidikan karakter bukan hanya sekedar pengajaran mana yang baik dan buruk namun juga penanaman hal-hal baik sehingga dapat diimplementasikan sesuai nilai-nilai yang terdapat dalam pendidikan karakter. Pendidikan karakter rupanya bukan hanya terjadi dalam lingkungan pendidikan namun juga dalam sebuah film. Dengan demikian, maka peneliti tertarik untuk menganalisis pendidikan karakter dalam sebuah film yang berjudul Merindu Cahaya de Amstel yang disutradari oleh Hadrah daeng Ratu.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam film Cahaya de Amstel. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penilitian pustaka, yaitu objek atau data yang akan diteliti berupa kata-kata tertulis bukan berupa angka-angka atau kovisien tentang hubungan antar variabel. Sumber data diperoleh melalui film Merindu Cahaya de Amsel. Pengumpulan datanya yaitu melalui teknik simak, catat, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teori. Dalam penelitian ini dihasilkan terdapat lima nilai pendidikan karakter dalam film Cahaya de Amstel. Jumlah data sebanyak 66 dengan rincian 30 data nilai religius (Nilai yang berhubungan dengan sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya), 3 data nilai kerja keras (Nilai yang berhubungan dengan perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya), 3 data nilai menghargai (Nilai yang berhubungan dengan sikap dan tindakan yang mendorong dirinya Prestasi untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat), 9 data nilai bersahabat (Nilai yang berhubungan dengan tindakan yang memperlihatkan rasa senang komunikatif berbicara, bergaul, dan bekerjasama dengan orang lain), dan 21 data nilai peduli social (Nilai yang berhubungan dengan sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Mar 2025 01:25
Last Modified: 03 Mar 2025 01:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8007

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item