Hoiruddin, Moh. (2024) Penerapan Metode Participarory dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas XI di SMAN 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Moh.Hoiruddin_20381071074_ SAMPUL _TBIN.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
Moh.Hoiruddin_20381071074_HALAMAN PERSETUJUAN _TBIN.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
Moh.Hoiruddin_20381071074_Halaman Pengesahan_TBIN.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
20381071074_ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
Moh.Hoiruddin_20381071074_DAFTAR ISI_TBIN.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
Mh.Hoiruddin_203810710741_BAB 1_TBIN.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
Moh.Hoiruddin_20381071074_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
![]() |
Text
Moh.Hoiruddin_20381071074_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
![]() |
Text
Moh.Hoiruddin_20381071074_BAB IV_TBIN.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
Moh.Hoiruddin_20381071074_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
![]() |
Text
Moh.Hoiruddin_20381071074_DAFTAR RUJUKAN_TBIN.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
Moh.Hoiruddin_20381071074_KEASLIAN TULISAN _TBIN.pdf Download (149kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Participarory,, Pembelajaran Menulis Puisi Pembelajaran di materi menulis puisi siswa kelas XI di SMAN 5 Pamekasan menerapkan metode participatory karena dengan adanya metode tersebut sangat mendorong peserta didik utuk aktif dalam mengikuti pembelajran yanga di berikan oleh guru pada saat memulai pemebelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan metode participatory dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas XI di SMAN 5 Pamekasan. Kedua, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat proses penerapan metode participatory dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas XI di SMAN 5 Pamekasa. Ketiga, Bagaimana solusi dari faktor penghambat penarapan metode participatory dalam pembelajaran menulis. Menuru Sugiyono yang dikutip oleh Ditha Prasanti metode penelitian kualitatif merupakan suatu penelitian yang digunakan untuk meneliti pada objek yang alami dimana peneliti adalah sebagi instrument kunci. Peneliian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Guru Mapel, Siswa Kelas XI. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama Penerapan Metode Participatory dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa XI di SMAN 5 Pamekasan yakni yang pertama melakukan kegiatan awal dengan memulai pembelajaran dengan membaca doa bersama-sama sebelum memulai pemebelajaran. kedua, kegiatan inti dengan memberikan contoh menulis pusi berdasarkan cerpen kepada siswa kelas XI sebagai gambaran untuk siswa dalam menulis karyanya puisinya sendiri dan yang terakhir penutup. Kedua, Faktor Pendukung Dan Penghambat Proses Penerapan Metode Participatory Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas XI Di SMAN 5 Pamekasan yakni untuk faktor pendukung Pembelajaran Menulis Puisi: Siswa yang merasa memiliki pembelajaran tersebut untuk berpartisipasi aktif, Siswa memiliki motivasi yang kuat. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam proses penerapan metode participatory dalam pembelajran menulis puisi: kurangnya waktu dalam penyajian karnya, keaktifan siswa dalam berkelompok menyebabkan kelas menjadi tidak kondusif. Ketiga, Solusi dari faktor penghambat penerapan metode participatory yakni guru tetap memberi tanggung jawab kepada siswa dalam menulis puisi agar guru bisa tahu sejauh mana siswa mampu menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 04:33 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 04:33 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8037 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |