Arifin, Syamsul (2023) Pengaruh Model Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Teks Biografi Kelas X di MA Addurriyyah Bangkes Kadur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Syamsul Arifin_19381071152_Sampul_TBIN.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
Syamsul Arifin_19381071152_Lembar Persetujan_TBIN.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
Syamsul Arifin_19381071152_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
Syamsul Arifin_19381071152_Abstrak_TBIN.docx Download (14kB) |
![]() |
Text
Syamsul Arifin_19381071152_Daftar Isi_TBIN.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
Syamsul Arifin_19381071152_Bab 1_TBIN.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
Syamsul Arifin_19381071152_Bab 2_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
![]() |
Text
Syamsul Arifin_19381071152_Bab 3_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
![]() |
Text
Syamsul Arifin_19381071152_Bab 4_TBIN.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
Syamsul Arifin_19381071152_Bab 5_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
![]() |
Text
Syamsul Arifin_19381071152_Daftar Pustaka_TBIN.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
Syamsul Arifin_19381071152_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_TBIN.pdf Download (13kB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Storytelling, Keterampilan Berbicara, Teks Biografi Model Storytelling terhadap keterampilan berbicara teks biografi mampu mendorong siswa untuk berinteraksi dan mempunyai banyak kesempatan dalam mengolah informasi, meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan ikut serta siswa terhadap materi yang dipelajari, serta mempermudah siswa dalam berinteraksi, sehingga bisa meningkatkan pemahaman siswa terhadap keterampilan berbicara. Oleh sebab itu peneliti berkeinginan mengetahui Pengaruh Model Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Teks Biografi Kelas X di MA Addurriyah Bangkes Kadur Pamekasan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model storytelling terhadap keterampilan berbicara teks biografi siswa kelas X di MA Addurriyah Bangkes Kadur Pamekasan. penggunaan pembelajaran model storytelling, tentunya sangat sesuai untuk kegiatan belajar dan pembelajaran terhadap siswa. Model storytelling sebuah teknik pembelajaran yang menggunakan cerita untuk mengajarkan konsep atau teori bercerita. Dalam model storytelling, guru atau fasilitator akan mengajarkan konsep atau teori melalui cerita serta diaplikasikan kepada siswa untuk menyampaikan gagasannya dengan memahami dari isi cerita. Dengan hal ini, siswa tidak hanya menghafal saja namun bisa menyampaikan melalui bahasa mereka sendiri. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. instrumen yang digunakan tes, pedoman observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam populasi penelitian ini semua siswa kelas X di MA Addurriyah Bangkes Kadur Pamekasan terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sampel yang digunakan sejumlah 14 siswa. Uji validasi dan realiabel instrumen menggunakan bantuan program komputer IBM SPSS 29. Berdaasarkan hasil penelitian ini memakai dua pengujian hipotesis yang diperoleh adalah H0 ditolak dan H1 diterima dengan ini maka hasil penelitian ada pengaruh model storytelling yang signifikan terhadap keterampilan berbicara teks biografi siswa kelas X di MA Addurriyah Bangkes Kadur Pamekasan serta ada perbedaan yang signifikan pada hasil eksperimen menggunakan model pembelajaran stortelling terhadap keterampilan berbicara teks biografi dengan rata-rata skor hasil pre-test sebesar nilai 16,07 sedangkan post-test 18,71.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 06:10 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 06:10 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8063 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |