Aini, Noer (2024) Eksistensi Tokoh Utama dalam Film Air Mata di Ujung Sajadah Karya Key Mangunsong. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
20381072139_SAMPUL.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
20381072139_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
20381072139_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
20381072139_ABSTRAK.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
20381072139_DAFTAR ISI.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
20381072139_BAB I.pdf Download (681kB) |
![]() |
Text
20381072139_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
![]() |
Text
20381072139_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) |
![]() |
Text
20381072139_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
![]() |
Text
20381072139_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (286kB) |
Abstract
Kata kunci: Eksistensi, Tokoh Utama dan Film Eksistensi berasal dari kata (eks = keluar, sistere = ada dan berada). Jadi, eksiatensi merupakan kesanggupan untuk keluar dari keberadaannya atau yang bisa melampaui dirinya sendiri. Sedangkan menurut Jean Paul Sartre eksistensi adalah kebebasan untuk membentuk dirinya sendiri dengan tindakannya. Maka dapat disimpulkan bahwa eksistensi manusia dibentuk oleh kemampuannya dalam berpikir. Dalam film Air Mata di Ujung Sajadah Karya Key Mangunsong pada tokoh utamanya terdapat eksistensi yang lebih banyak menceritakan tentang kebebasan dan keberadaan dalam pencarian kebenaran dan makna kebahagiaan. Sehingga hal tersebut melatarbelakangi penulis untuk mengkaji film Air Mata di Ujung Sajadah Karya Key Mangunsong dan terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu wujud atau bentuk eksistensi tokoh utama dalam film Air Mata di Ujung Sajadah Karya Key Mangunsong dan wujud atau bentuk eksistensi tokoh utama dalam film Air Mata di Ujung Sajadah Karya Key Mangunsong dalam perspektif Jean Paul Sartre. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisi isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah film Air Mata di Ujung Sajadah Karya Key Mangunsong. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu dengan menggunakan teknik simak, teknik tangkap layar dan teknik catat. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tringulasi. Untuk data yang di kumpulkan berupa kutipan-kutipan dan gambar yang terdapat pada film Air Mata di Ujung Sajadah Karya Key Mangunsong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Wujud atau bentuk eksistensi tokoh utama dalam film Air Mata di Ujung Sajadah Karya Key Mangunsong terdapat dua mewujud dalam dua bentuk eksistensi yaitu berupa tidakan atau perilaku Aqilla yang ditemukan 10 data dan berupa cara manusia bereksistensi yng ditemukan 2 data. Tokoh Aqilla menghadapi tantangan seperti kehilangan suaminya, keyakinan bahwa putranya telah meninggal, dan pengakuan bahwa dia masih hidup. Dia berjuang untuk bersatu kembali dengan putranya dan melawan keluarga yang membesarkannya. Melalui tantangan tersebut, Aqilla menunjukkan ketangguhan dan tekadnya untuk kembali dengan putranya. Tindakan Aqilla mempertegas keberadaanya sedangkan ia bereksistensi dengan kesadaran atas keberadaan dirinya sendiri. 2) Wujud atau bentuk eksistensi tokoh utama dalam film Air Mata di Ujung Sajadah Karya Key Mangunsong perspektif Jean Paul Sartre, seperti syarat mutlak untuk bertindak (keputusan) yang ditemukan 2 data,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 06:10 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 06:10 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8065 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |