Pola Komunikasi Pemasaran Berbasis Islam “Upaya Menarik Minat Pembeli” di Toko Basmalah Pagendingan Pamekasan

Fadilah, Aisyatul (2024) Pola Komunikasi Pemasaran Berbasis Islam “Upaya Menarik Minat Pembeli” di Toko Basmalah Pagendingan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Aisyatul Fadilah_18382062010_Cover_kpi.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Aisyatul Fadilah_18382062010_halaman Persetujuan_kpi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Aisyatul Fadilah_18382062010_halaman pengesahan_Kpi.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Aisyatul Fadilah_18382062010_ABSTRAK_kpi.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Aisyatul Fadilah_18382062010_DAFTAR ISI_kpi.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Aisyatul Fadilah_18382062010_BAB I_kpi.pdf

Download (445kB)
[img] Text
Aisyatul Fadilah_18382062010_BAB II_kpi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
Aisyatul Fadilah_18382062010_BAB III_kpi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
Aiyatul Fadilah_18382062010_BAB IV_KPI.pdf

Download (612kB)
[img] Text
Aisyatul Fadilah_18382062010_BAB V_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
Aisyatul Fadilah_18382062010_DAFTAR RUJUKAN_KPI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Aisyatul Fadilah_18382062010_keaslian tulisan_kpi.pdf

Download (76kB)

Abstract

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Pemasaran Berbasis Islam, Minat Pembeli Komunikasi adalah pondasi dari semua interaksi manusia, tanpa komunikasi yang efektif, seseorang akan kesulitan memahami satu sama lain, atau mencapai tujuan bersama. Diketahui dalam meningkatkan minat beli konsumen di Toko Basmalah Pagendingan Pamekasan menerapkan pola komunikasi pemasaran berbasis Islam, seperti: karyawan mengucapkan salam ketika konsumen memasuki toko, memberikan senyuman dalam melayani konsumen dengan tujuan dapat memberi kesenangan terhadap konsumen. Ada dua fokus dalam penelitian ini, sebagai berikut: pertama, bagaimana pola komunikasi pemasaran berbasis Islam upaya menarik minat pembeli di Toko Basmalah Pagendingan Pamekasan; kedua, apa saja kendala yang dialami Toko Basmalah Pagendingan Pamekasan dalam menerapkan pola komunikasi pemasaran berbasis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutseraan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pola komunikasi pemasaran berbasis Islam upaya menarik minat pembeli di Toko Basmalah Pagendingan Pamekasan, sebagai berikut: pola Qaulan Sadida dengan menekankan komunikasi yang jujur, keterbukaan, pelayanan sopan, dan jaminan produk halal; pola Qaulan Ma'rufa dengan cara karyawan menyapa pelanggan dengan salam, dan memberikan senyum serta pelayanan terbaik; pola Qaulan Baligha dengan melakukan komunikasi yang efektif dan mudah dipahami oleh audiens; pola Qaulan Maysura dengan membantu pelanggan menemukan produk, dan menyambut pelanggan dengan ramah; pola Qaulan Layyina dengan cara karyawan menyampaikan pesan dengan tutur kata yang lemah lembut; pola Qaulan Karima dengan cara karyawan menyapa pelanggan dengan penuh hormat, dan menutup interaksi dengan doa dan harapan baik; kedua, kendala yang dialami Toko Basmalah Pagendingan Pamekasan dalam menerapkan pola komunikasi pemasaran berbasis Islam, meliputi perbedaan pemahaman yang beragam dari karyawan mengenai konsep pemasaran syariah, serta tantangan menjaga konsistensi prinsip Islami dalam setiap situasi pemasaran. Toko Basmalah Pagendingan Pamekasan berupaya mengatasi kendala ini melalui edukasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 18 Mar 2025 03:26
Last Modified: 18 Mar 2025 03:26
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8142

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item