Strategi Guru Kelas Dalam Menerapkan Pembelajaran Diferensiasi Pada Siswa Kelas 4B Di SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan

Maulana, Alif Akbar (2025) Strategi Guru Kelas Dalam Menerapkan Pembelajaran Diferensiasi Pada Siswa Kelas 4B Di SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
ALIF AKBAR MAULANA_18381051008_SAMPUL_PGMI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Alif Akbar M_18381051008_Persetujuan_PGMI .pdf

Download (167kB)
[img] Text
Alif Akbar M_18381051008_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (479kB)
[img] Text
ALIF AKBAR MAULANA_18381051008_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
ALIF AKBAR MAULANA_18381051008_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
ALIF MAULANA AKBAR_18381051008_BAB I_PGMI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
ALIF AKBAR MAULANA_18381051008_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
ALIF AKBAR MAULANA_18381051008_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
ALIF AKBAR MAULANA_18381051008_BAB Iv_PGMI.pdf

Download (248kB)
[img] Text
ALIF AKBAR MAULANA_18381051008_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
ALIF AKBAR MAULANA_18381051008_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Alif Akbar M_18381051008_Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (331kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi, Guru Kelas, Pembelajaran Berdiferensiasi. Potensi karakter peserta didik harus sudah ditemukan sejak pada tingkat sekolah dasar melalui strategi pembelajaran berdiferenssiasi pada siswa kelas 4b SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan. Tujuannya, untuk mengetahui strategi guru kelas dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi pada siswa kelas 4b SDN Lawangan Daya 2, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung guru kelas dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi pada siswa kelas 4b SDN Lawangan Daya 2. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang diambil oleh peneliti adalah deskriptif. Lokasi penelitian di SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan, Sumber data yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelas 4b dan Bagian Kurikulum Sekolah. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan Analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi guru kelas dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi pada siswa kelas 4b di SDN Lawangan Daya 2 merupakan strategi yang dipersiapkan secara matang. Adapun dalam penerapannya strategi pembelajaran berdiferensiasi di kelas 4b dilakukan dengan 2 metode pendekatan yang didasarkan pada materi ajar yang disesuaikan. yaitu pendekatan berbasis proyek pada pelajaran-pelajaran yang berbau kesenian dan pendekatan berbasis pengalaman dalam pelajara-pelajaran yang mengandung ilmu pengetahuan alam. Adapun faktor pendukung guru kelas dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi pada siswa kelas 4b di SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan terdiri dari tiga faktor. Pertama, Tenaga pendidik yang berkualitas. Kedua, Lingkungan sekolah yang mendukung. Ketiga, Siswa yang sudah memiliki pola belajar yang baik. Adapun faktor penghambat guru kelas dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi pada siswa kelas 4b di SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan adalah alokasi waktu yang terbatas dengan banyaknya jumlah pelajaran yang harus dihadapi oleh siswa kelas 4b di SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:15
Last Modified: 22 Apr 2025 02:15
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8223

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item