Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Dengan Menggunakan Media Kopi (Kotak Pintar) Pada Kelompok A Di Paud Al-Hidayah Desa Tanjung Pademawu Pamekasan

Supiyati, Rini (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Dengan Menggunakan Media Kopi (Kotak Pintar) Pada Kelompok A Di Paud Al-Hidayah Desa Tanjung Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381062057-SAMPUL.pdf

Download (278kB)
[img] Text
20381062057-PERSERTUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (63kB)
[img] Text
20381062057- HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
2081026057-ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
20381062057-DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
20381062057-BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
20381062057-BABII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
20381062057-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
20381062057- BAB IV.pdf

Download (542kB)
[img] Text
20381062057-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
20381062057- DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (442kB)
[img] Text
20381062057- KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (81kB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Media Kotak Pintar, Anak Usia Dini Dalam meningkatkan kognitif anak maka diperlukan sebuah permainan sehingga menstimulus kemampuan berhitung. Berdasarkan hal tersebut, masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berhitung anak dapat meningkat. Tujuan dari penelitian aini adalah untuk membuktikan bahwa kemampuan berhitung anak dapat meningkat melalui permainan kotak pintar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 16 anak, 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi. Penelitian dilaksanakan mulai bulan oktober 2023 sampai bulan april 2024.Penelitian ini dilakukan selama dua siklus yaitu siklus I dan siklus II .Setiap siklus ini mempunyai 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah: peningkatan kemampuan berhitung anak dikelompok A di PAUD Al-Hidayah melalui kotak pintar diperoleh dari analisis tentang kemampuan berhitung anak di pra tindakan memperoleh 40,23 % di kategori mulai berkembang, selanjutnya di siklus I memperoleh 56,25 di kategori berkembang sesuai harapan, dan selanjutnya di siklus II memperoleh 79,68% di kategori berkembang sangat baik, maka dapat disimpulkan bahwa pada akhir siklus II penelitian dikatakan berhasil karena telah memperoleh indikator keberhasilan yang lebih tinggi dari harapan peneliti yaitu sebesar 79,68% dan hasilnya memenuhi kriteria keberhasilan yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:00
Last Modified: 28 Apr 2025 02:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8260

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item