Implementasi Metode Bercerita (read aloud) dengan Media Buku Cerita Fabel untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Kelompok B di PAUD Al-Mujtahidin Blumbungan Kecamatan Larangan

Kamirullah, Aliyah (2024) Implementasi Metode Bercerita (read aloud) dengan Media Buku Cerita Fabel untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Kelompok B di PAUD Al-Mujtahidin Blumbungan Kecamatan Larangan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Aliyah kamirullah-20381062067-sampul-PIAUD.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Aliyah kamirullah-20381062067-lembar persetujuan-PIAUD.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Aliyah kamirullah-20381062067-lembar pengesahan-PIAUD.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Aliyah kamirullah-20381062067-ABSTRAK-PIAUD.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Aliyah Kamirullah_20381062067_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Aliyah kamirullah-20381062067-BAB I-PIAUD.pdf

Download (523kB)
[img] Text
Aliyah Kamirullah_20381062067-BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
Aliyah kamirullah-20381062067-BAB III-PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
Aliyah kamirullah-20381062067-BAB IV-PIAUD.pdf

Download (505kB)
[img] Text
Aliyah kamirullah-20381062067-BAB V-pIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
Aliyah kamirullah-20381062067_DAFTAR RUJUKAN-PIAUD.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Aliyah kamirullah-20381062067-lembar pernyataan keaslian tulisan-PIAUD.pdf

Download (290kB)

Abstract

Kata kunci : Metode Bercerita, Sosial Emosional Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode bercerita(read aloud) dengan media buku cerita fabel untuk mengembangkan sosial emosional anak kelompok B di PAUD Al-Mujtahidin Blumbungan Kecamatan Larangan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pembahasan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama Bagaimana Implementasi Metode Bercerita (read aloud) dengan Media Buku Cerita Fabel untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Kelompok B di PAUD Al-Mujtahidin Blumbungan Kecamatan Larangan. Kedua, Bagaimana Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Menerapkan Metode Bercerita (read aloud) dengan Media Buku Cerita Fabel untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Kelompok B di PAUD Al-Mujtahidin Blumbungan Kecamatan Larangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Tekhnik pengumpulan data memakai tiga cara yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dari data yang diperoleh disederhanakan dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dengan menggunakan tiga tahapan analisis yaitu pengelompokan, pengecekan dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas, dan wali murid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga kegiatan dalam pelaksanaan metode bercerita. pertama kegiatan awal, guru menyiapkan RPPH serta guru menyiapkan tekhnik bercerita. Kedua kegiatan inti, guru mengkondisikan tempat duduk anak serta guru menyebutkan judul dan tokoh yang ada didalam cerita, kemudian guru menceritakan isi cerita dengan tekhnik read aloud. Ketiga kegiatan akhir menceritakan kembali isi cerita, dari kegiatan bercerita tersebut anak bisa mengambil contohdari cerita tersebut secara myata, seperti menolong sesama teman yang membutuhkan, disiplin, bertanggung jawab dan bekerjasama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:00
Last Modified: 28 Apr 2025 02:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8262

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item