Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Menjumlah Benda Menggunakan Donat Hitung Pada Anak Kelompok B TK Dharma Bhakti Desa Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Pangestuti, Widia (2024) Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Menjumlah Benda Menggunakan Donat Hitung Pada Anak Kelompok B TK Dharma Bhakti Desa Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Widia Pangestuti_19381062090_Cover_PIAUD..pdf

Download (217kB)
[img] Text
Widia Pangestuti_19381062090_Lembar Persetujuan Pembimbing_PIAUD.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Widia Pangestuti_19381062090_Lembar Pengesahan_PIAUD.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Widia Pangestuti_19381062090_Abstrak_PIAUD.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Widia Pangestuti_19381062090_Daftar Isi_PIAUD.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Widia Pangestuti_19381062090_BAB I_PIAUD.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Widia Pangestuti_19381062090_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
Widia Pangestuti_19381062090_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
Widia Pangestuti_19381062090_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (895kB)
[img] Text
Widia Pangestuti_19381062090_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
Widia Pangestuti_19381062090_Daftar Pustaka_PIAUD.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Widia Pangestuti_19381062090_Surat_Pernyataan_Keaslian_ Karya_PIAUD.pdf

Download (152kB)

Abstract

Kata kunci: Meningkatkan, Menjumlah, Donat Hitung Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menjumlah pada anak usia dini kelompok B. Kemampuan menjumlah anak usia dini di TK Dharma Bakti masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena kurangnya kreatifitas guru dalam proses pembelajaran. Pada saat mengajar guru menggunakan cara yang monoton dan tidak menggunakan media, akibatnya anak mudah jenuh dan bosan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana efektivitas media donat hitung dapat meningkatkan kemampuan menjumlah anak kelompok B TK Dharma Bakti, kedua bagaimana meningkatkan kemampuan menjumlah anak kelompok B TK Dharma Bakti menggunakan media donat hitung. Penelitian ini menggunakan peneilitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2023 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Dharma Bakti yang berjumlah 9 anak. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Sementara instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dalam kemampuan menjumlah pada anak kelompok B TK Dharma Bakti dengan menggunakan media donat hitung. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Hasil yang diperoleh pada siklus I nilai rata-ratanya mencapai 56% pada siklus II mencapai 78%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media donat hitung dapat meningkatkan kemampuan menjumlah anak. Berdasarkan pernyataan diatas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media donat hitung di TK Dharma Bakti dikatakan sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran anak. Dengan menggunakan media donat hitung suasana belajar terasa lebih menyenangkan, dan anak lebih tertarik dalam menjumlah, sehingga dapat membantu peningkatan kemampuan menjumlah mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 28 Apr 2025 03:08
Last Modified: 28 Apr 2025 03:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8269

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item