Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Tingkat Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-3 Tahun di TPA TAAM IT Al-Uswah Pamekasan

Yuliantri, Alfiar Rohmah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Tingkat Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-3 Tahun di TPA TAAM IT Al-Uswah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381062066_SAMPUL.pdf

Download (714kB)
[img] Text
20381062066_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
20381062066_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
20381062066_ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
20381062066_DAFTAR ISI.pdf

Download (795kB)
[img] Text
20381062066_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20381062066_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] Text
20381062066_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20381062066_BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20381062066_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] Text
20381062066_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (882kB)
[img] Text
20381062066_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (235kB)

Abstract

Kata Kunci: Sentra Bahan Alam, Perkembangan Kognitif, Anak Usia 2-3 Tahun. Model pembelajaran sentra bahan alam adalah sentra atau tempat anak melakukan kegiatan sensorimotor untuk merangsang semua indera yang dimiliki anak melalui kegiatan main simbolik dan pembangunan. Suatu lembaga PAUD di Pamekasan Madura yang telah menggunakan model pembelajaran sentra yaitu TPA TAAM IT Al-Uswah Pamekasan. Berdasarkan observasi yang pernah dilakukan pada saat pembelajaran sentra bahan alam, terdapat sejumlah permasalahan yang ditemui pada perkembangan kognitif anak usia 2-3 tahun meliputi: dalam menyelesaikan dan mengeksplorasi sesuatu hal masih memerlukan bantuan guru, kurangnya konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu serta dalam menggunakan barang atau media pembelajaran masih diperlukannya bantuan guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sentra bahan alam terhadap tingkat perkembangan kognitif anak usia 2-3 Tahun di TPA TAAM IT Al-Uswah Pamekasan, serta besarnya pengaruh model pembelajaran sentra bahan alam terhadap tingkat perkembangan kognitif anak usia 2-3 Tahun di TPA TAAM IT Al-Uswah Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data statistik dan sifat penelitian ini yaitu korelasi dimana mencari hubungan antara variabel satu dengan variabel ytang lainnya. Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 40 orang dengan terbagi dari 20 anak dan 20 guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi: observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis product moment untuk mengukur pengaruh model pembelajaran sentra bahan alam (Variabel X) dengan perkembangan kognitif anak usia 2-3 tahun (Variabel Y). Dari hasil analisis terhadap data hasil observasi, dokumentasi dan angket atau kuesioner tentang Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Tingkat Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-3 Tahun di TPA TAAM IT Al-Uswah Pamekasan yang hasilnya positif atau valid, karena “r” kerja 0,908 lebih besar daripada “r” table product moment pada interval kepercayaan 5% maupun interval kepercayaan 1% dimana N=40 dengan nilai 0,312 dan 0,403. Dengan demikian, Ha diterima yaitu ada Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Tingkat Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-3 Tahun di TPA TAAM IT Al-Uswah Pamekasan sebesar 0,908 dengan nilai “r” pada tabel interpretasi berada pada rentang angka 0,800 sampai 1,000 dengan interpretasi sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 21 May 2025 08:24
Last Modified: 21 May 2025 08:24
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8288

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item