Sholehah, Khoiriyatus (2020) Penerapan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Adlerian untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Khoiriyatus Sholehah_20160701090073_Cover_BKPI.pdf Download (137kB) |
|
Text
c) Khoiriyatus Sholehah_20160701090073_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf.pdf Download (46kB) |
|
Text
d) Khoiriyatus Sholehah_20160701090073_Lembar Pengesahan_BKPI.pdf.pdf Download (111kB) |
|
Text
e) Khoiriyatus Sholehah_20160701090073_Abstrak_BKPI.pdf.pdf Download (199kB) |
|
Text
f) Khoiriyatus Sholehah_20160701090073_Daftar_Isi_BKPI.pdf.pdf Download (135kB) |
|
Text
g) Khoiriyatus Sholehah_20160701090073_BAB 1_BKPI. pdf.pdf Download (261kB) |
|
Text
h) Khoiriyatus Sholehah_20160701090073_BAB II_BKPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
i) Khoiriyatus Sholehah_20160701090073_BAB III_BKPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
Text
j) Khoiriyatus Sholehah_20160701090073_BAB IV_BKPI.pdf.pdf Download (376kB) |
|
Text
k) Khoiriyatus Sholehah_20160701090073_BAB V_BKPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
l) Khoiriyatus Sholehah_20160701090073_Daftar-Pustaka_BKPI.pdf.pdf Download (205kB) |
Abstract
Konseling kelompok Adlerian adalah konseling kelompok yang digunakan untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Penerapan konseling kelompok Adlerian tersebut sangat diperlukan ketika guru BK ingin menerapkan konseling kelompok Adlerian untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Melalui penerapan konseling kelompok Adlerian yang diterapkan oleh guru BK tersebut, diharapkan siswa mampu meningkatkan penyesuaian diri yang lebih baik kedepannya. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan konseling kelompok dengan pendekatan Adlerian untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan? (2) Apa saja factor penghambat yang dihadapi dalam menerapkan konseling kelompok dengan pendekatan Adlerian untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan? (3) Apa saja factor pendukung yang dihadapi dalam menerapkan konseling kelompok dengan pendekatan Adlerian untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan? . Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Tekhnik yang digunakan dalam prosedur pengumpulann data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data penelitian melipuiti reduksi data, display data, dan kesimpulan/verivikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi tehnik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi. dengan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen Dari hasil peneltian menunjukkan bahwa pertama, Bagaiamana penerapan konseling kelompok dengan pendekatan Adlerian untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan? (1) Membangun komunikasi yangb baik antara konselor dengan konseli, (2) Memberikan motivasi, (3) Dan memberikan semangat kepada konseli agar bisa meningkatkan penyesuaian diri siswa. Kedua, apa saja factor penghambat yang dihadapi dalam meningkatkan peneysuaian diri siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan? (1) siswa sulit untuk jujur, sehingga akan memperlambat proses konseling dan juga sulit untukb memecahkan masalahnya, (2) siswa yang kurang berani atau malu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada disekolah, (3) dan ketika mau menyesuaikan diri dengan teman, kita harus melihat terlebih dahulu karena disetiap teman itu berbeda baik segi karakternya, sifatnya dan perilakunya. Ketiga, apa saja factor pendukung yang dihadapi dalam meningkatkan peneysuaian diri siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan? (1) elemen-elemen madrasah juga mendukung seperti kepala sekolah, guru-guru, waka kesiswaan, dan komite. (2) guru BK juga mendukung dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. (3) teman dan sahabat juga bisa mendukung dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. Dari hasil diatas, disarankan kepada guru, utamanya guru BK untuk berupaya memahami tentang penyesuaian diri yang baik dan benar serta terarah, sehingga penyesuaian diri dapat meningkatkan penyesuaian diri yang lebih baik lagi kedapannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 04:28 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/83 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |