Identifikasi Masalah Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Pos Paud Khairana Ds, Pangarengan Kec, Pangarengan Kab. Sampang

Riskiyanti, Riskiyanti (2024) Identifikasi Masalah Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Pos Paud Khairana Ds, Pangarengan Kec, Pangarengan Kab. Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Riskiyanti_18381062077_Cover_PIAUD.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Riskiyanti_18381063077_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Riskiyanti_18381063077_Lembar_Pengesahan_PIAUD.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Riskiyanti_18381063077_Abstrak_PIAUD.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Riskiyanti_18381063077_Daftar_Isi_PIAUD.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Riskiyanti_18381063077_BAB_I_PIAUD.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Riskiyanti_18381063077_BAB_II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
Riskiyanti_18381063077_BAB_III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
Riskiyanti_18381063077_BAB_IV_PIAUD.pdf

Download (436kB)
[img] Text
Riskiyanti_18381063077_BAB_V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
Riskiyanti_18381063077_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Riskiyanti_18381062077_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PIAUD.pdf

Download (164kB)

Abstract

Kata Kunci: Identifikasi masalah, perkembangan sosial emosional, anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini ada tiga hal yaitu; Pertama, Untuk mengetahui carapendidik mengidentifikasi masalah perkembangan Sosial emosional anak usia dini di Pos PAUD Khairana Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang. Kedua, Untuk mengetahui Faktor penyebab masalah perkembangan Sosial emosional anak usia dini di Pos PAUD Khairana Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang. Ketiga, Untuk mendeskripsikan cara mengatasi masalah perkemabangan sosial Emosional anak usia dini di Pos PAUD Khairana Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, prosedur pengumpulan datanya melalui wawancara semi-terstruktuk, observasi non partisipan dan dokumentasi, sedangkan yang menjadi sumber data dalampeneltian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa di Pos PAUD Khairana Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses dalam mengidentifikasi masalah perkembangan sosial emosional anak usia dini menggunakan instrumen penilaian dan beberapa teknik di antaranya yaitu pertama,penilaian catatan anekdot. Kedua, penilaian Hasil karya. Ketiga penilaian Ceklis. Adapun faktor penyebab masalah perkembangan sosial emosional anak usia dini di Pos Paud khairana di antaranya yaitu yaitu; faktor lingkungan dimana anak yang nakal dan sulit di atur di sebabkan kurangnya minat terhadap materi yang di ajarkan dan faktor keluarga yang di sebabkan orang tua yang memberikan kebebasan yang berlebihan sehingga anak sulit di atur. Sedangkan proses strategi/upaya guru mengatasi masalah perkembangan sosial emosional di Pos PAUD Khairana Desa pangarengan kab. Sampang. Di antaranya ialah, a) mementukan tema dan menyiapkan media flascard, b) Eksplorasi Gerak dengan cara guru menanyakan kepada anak dari gambar yang di tampilkan, c) menentukan gerak, d) memilih lagu yang di nyanyikan, e) menulis bentukyang terpilih, f) Harmonisasi gerak dan lagu dengan guru mengajak anak berdiri dan bernyanyi bersama dengan melakukan gerkan yang telah di tentukan, perkembangan sosial emosional anak usia dini merupakan aspek perkembangan yang paling penting untuk di ketahui dan di kembangkan dalam dunia pendidikan anak usia dini (PAUD) yang melibatkan proses belajar anak tentang berinteraksi dengan orang sekitarnya sesuai aturan sosial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan instrument penilaian dan beberapa teknik dalam mengidentifikasi masalah perkembangan sosial emosional anak usia dini. Factor penyebab masalah tersebut adalah salah satunya factor keluarga dan upaya guru dalam mengatasinya adalah dengan mengaak anak menyanyi sambil menyanyi bersama dengan gerak dan lagu yang di tentukan oleh guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:45
Last Modified: 23 Jun 2025 08:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8306

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item