Strategi Literasi Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini d TK Arrosyidiyah Kabupaten Sammpang

Rodiyah, Aisyatur (2024) Strategi Literasi Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini d TK Arrosyidiyah Kabupaten Sammpang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
AISYATUR RODIYAH_19381062104_ COVER_PIAUD.pdf

Download (179kB)
[img] Text
AISYATUR RODIYAH_19381062104_ HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf

Download (119kB)
[img] Text
AISYATUR RODIYAH_19381062104_ HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf

Download (169kB)
[img] Text
AISYATUR RODIYAH_19381062104_ABSTRAK_PIAUD.pdf

Download (355kB)
[img] Text
AISYATUR RODIYAH_19381062104_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf

Download (22kB)
[img] Text
AISYATUR RODIYAH_19381062104_BAB I_PIAUD.pdf

Download (237kB)
[img] Text
AISYATUR RODIYAH_19381062104_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
AISYATUR RODIYAH_19381062104_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
AISYATUR RODIYAH_19381062104_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (633kB)
[img] Text
AISYATUR RODIYAH_19381062104_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
AISYATUR RODIYAH_19381062104_DAFTAR RUJUKAN_PIAUD.pdf

Download (231kB)
[img] Text
AISYATUR RODIYAH_19381062104_ PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf

Download (158kB)

Abstract

Kata kunci: Strategi, Literasi, Kemampuan bahasa Bahasa adalah alat komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan, salah satu alat untuk berinteraksi bagi setiap individu ataupun dalam lingkup sosial sekalipun. Seseorang yang “kurang” dalam kematangan berbahasanya biasanya susah untuk dapat menyampaikan pendapat ataupun menerima informasi. Maka dari itu, pentingnya pengembangan bahasa tersebut dilakukan pada setiap individu bahkan sejak usianya masih dini. Hal tersebut tentunya harus ada strategi yang dilakukan. Salah satu strategi yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasa adalah dengan membiasakan anak untuk melakukan literasi, dengan berliterasi anak dapat mengenal banyak kosa kata baru, berani dan bisa menerima bahkan menyampaikan kembali informasi yang di dapatnya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu pertama Penerapan strategi literasi dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini di TK Arrosyidiyah Kabupaten Sampang, kedua Strategi literasi yang digunakan oleh guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini di TK Arrosyidiyah Kabupaten Sampang, ketiga Faktor pendukung dan Faktor penghambat dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini di TK Arrosyidiyah Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi di TK Arrosyidiyah Kabupaten Sampang yang informannya adalah Kepala sekolah dan Guru Kelas B di TK Arrosyidiyah Kabupaten Sampang. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui trigulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa, anak memiliki semangat yang cukup tinggi dalam melakukan Strategi untuk pengembangan bahasanya. Terlihat pada saat kegiatan dilakukan, Strategi tersebut dapat di Pratikkan secara langsung melalui interaksi yang terjadi saat anak telah menyelesaikan tugasnya hingga dapat mendeskripsikan karyanya. Namun hal itu tidak cukup, karena selain pihak sekolah dan guru dukungan dan stimulus dari orangtua juga menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi perkembangan anak, termasuk pengembangan bahasanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:45
Last Modified: 23 Jun 2025 08:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8309

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item