Rohmaniyah, Ulya (2024) Kompetensi Profesional Guru PAUD Dalam Perencanaan Dan Pembelajaran Di RA Mabdaus Shalah Seddur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Ulya Rohmaniyah_19381062102_Cover_PIAUD.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
Ulya Rohmaniyah_19381062102_Lembar Persetujuan_PIAUD.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
Ulya Rohmaniyah_19381062102_Lembar Pengesahan_PIAUD.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
Ulya Rohmaniyah_19381062102_abstrak_PIAUD.docx Download (13kB) |
![]() |
Text
Ulya Rohmaniyah_19381062102_Daftar isi_PIAUD.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
Ulya Rohmaniyah_19381062102_Bab 1_PIAUD.pdf Download (540kB) |
![]() |
Text
Ulya Rohmaniyah_19381062102_BAB 2_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
![]() |
Text
Ulya Rohmaniyah_19381062102_BAB 3_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
![]() |
Text
Ulya Rohmaniyah_19381062102_BAB 4_PIAUD.pdf Download (909kB) |
![]() |
Text
Ulya Rohmaniyah_19381062102_BAB 5_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
![]() |
Text
Ulya Rohmaniyah_19381062102_Daftar Pustaka_PIAUD - Salin.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
Ulya Rohmaniyah_19381062102_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_PIAUD.pdf Download (247kB) |
Abstract
Kata kunci: Kompetensi Profesional, Perencanaan dan Pembelajaran Guru yang profesional itu merupakan guru yang memiliki seperangkat kompetensi yang harus dimiliki dan dikuasai dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, menyebutkan bahwa seorang guru adalah pendidik profesional yang tugas utamanya adalah mendidik, membimbing, mengajar, menilai, melatih dan mengevaluasi peserta didik. Kompotensi guru merupakan modal utama yang sangat penting bagi guru dalam mengajar. Dan dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 8, kompetensi guru meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Sebagai seorang guru yang profesional harus mampu mengembangkan kompotensi yang dimilikinya. Jadi, kompetensi profesional memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena profesional guru bukan hanya mengajar melainkan bagaimana cara mendidik dan membimbing anak dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kompetensi profesional guru PAUD dalam perencanaan dan pembelajaran di RA Mabdaus Shalah Seddur Pakong Pamekasan. Serta untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya profesionalisme guru PAUD di RA Mabdaus Shalah Seddur Pakong Pamekasan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data yang diperoleh adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, kompetensi profesional Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pembelajaran kurang maksimal, sehingga dalam pembelajaran kurang puas terhadap peserta didik, dan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) saja mereka jarang membuat, karena di lembaga sini tidak terlalu berpedoman pada RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian). Adapun yang kedua, faktor penyebab rendahnya profesionalisme guru PAUD yaitu Guru masih tidak sesuai dengan latar belakang bidang keilmuan yang di ajar, serta guru masih ada yang belum lulusan sarjana.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:45 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 08:45 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8310 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |