Fauziyah, Najwah (2024) Pengaruh Permainan Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Bahasa Inggris Anak Kelompok B Di Tks Darul Ulum Polagan Kecamatan Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
20381062052_SAMPUL.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
20381062052_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
20381062052_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
20381062052_ABSTRAK.docx Download (15kB) |
![]() |
Text
20381062052_DAFTAR ISI.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
20381062052_BAB I.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
20381062052_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
![]() |
Text
20381062052_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
![]() |
Text
20381062052_BAB IV.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
20381062052_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
![]() |
Text
20381062052_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
20381062052_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (284kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kartu Kata Bergambar, Kemampuan Bahasa Inggris, Anak Kelompok B Penelitian ini bertujuan untuk mrlihat pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak (TK) Darul Ulum Polagan, Kecamatan Galis, Pamekasan. Kemampuan bahasa Inggris merupakan aspek penting dalam proses pendidikan anak usia dini, dan penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat mempercepat proses pembelajaran anak. Oleh karena itu, penelitian ini mengeksplorasi potensi media kartu kata bergambar sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan eksperimental dengan desain pre-experimental One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 16 anak usia 5-6 tahun yang merupakan seluruh populasi dari kelompok B di TKS Darul Ulum Polagan. Sebelum perlakuan diberikan, dilakukan pretest untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris awal anak-anak, kemudian posttest dilakukan setelah pemberian perlakuan menggunakan media kartu kata bergambar. Hasil analisis data menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris anak. Ho ditolak dan H1 diterima apabila T hitung > T tabel, T hitung= 136 > T tabel= 36. Nilai Z sebesar -3,555 dengan nilai p < 0,001, menegaskan adanya perbedaan yang tidak mungkin terjadi secara kebetulan. Artinya ada pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar memiliki efek positif yang signifikan terhadap pengaruh kemampuan bahasa Inggris anak kelompok B di TKS Darul Ulum Polagan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:18 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:18 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8321 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |