Rahmawati, Kafila (2025) Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Di Kelompok A Di Ra As- Syahidul Kabir 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
21381062015_Halaman Sampul.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
21381062015_Halaman Persetujuan.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
21381062015_Halaman Pengesahan.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
Abstrak_ Kafila.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
21381062015_Daftar Isi.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
21381062015_BAB I.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
21381062015_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
![]() |
Text
21381062015_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
![]() |
Text
21381062015_BAB IV.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
21381062015_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
![]() |
Text
21381062015_Daftar Rujukan.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
21381062015_Keaslian Tulisan.pdf Download (244kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Guru, Keterampilan Bahasa, Anak Usia Dini, Metode Bercerita. Metode bercerita merupakan metode yang digunakan guru dalam mengembangkan aspek perkembangan anak, salah satunya yaitu aspek perkembangan Bahasa. Perkembangan Bahasa anak perlu dilatih supaya bisa berkembang secara optimal. Dengan adanya metode bercerita anak bisa mengenal kosakata baru dan juga bisa melatih kemampuan menyimak anak dengan mendengarkan cerita yang dibacakan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru dalam mengembangkan keterampilan berbahasa melalui metode bercerita anak usia dini di kelompok A di RA As-Syahidul Kabir 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan?, 2) Bagaimana keterampilan berbahasa anak usia dini di kelompok A di RA As-Syahidul Kabir 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan?. Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian RA As- Syahidul Kabir 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya kepada kepala sekolah, guru kelas A dan guru kelas B. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti, yaitu: 1) peran guru dalam mengembangkan keterampilan bahasa anak melalui metode bercerita diantaranya yaitu guru berperan sebagai pendidik, pembimbing, motivator dan fasilitator. 2) keterampilan berbahasa anak usia dini di kelompok A yaitu ditandai dengan perkembangan bahasa anak sebagian sudah mulai berkembang terbukti dengan fakta dilapangan anak sudah mampu menceritakan kembali cerita secara sederhana, anak dapat menyebutkan suara tertentu. Anak juga bisa menggunakan kata tanya “apa, siapa, dimana”, dan juga menanyakan arti gambar pada isi buku cerita.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:59 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8344 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |