Maulidya, Maulidya (2025) Implementasi Permainan Bowling Angka Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 tahun di RA Nurus Salam Waru Barat Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
21381062018_SAMPUL.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
21381062018_HALAMAN PERSETUJUAN .pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
21381062018_HALAMAN PENGESAHAN .pdf Download (752kB) |
![]() |
Text
21381062018_ABSTRAK.docx Download (18kB) |
![]() |
Text
21381062018_DAFTAR ISI.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
21381062018_BAB I.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
21381062018_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
![]() |
Text
21381062018_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
![]() |
Text
21381062018_BAB IV.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
21381062018_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
![]() |
Text
21381062018_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
21381062018_KEASLIAN TULISAN .pdf Download (440kB) |
Abstract
Kata Kunci: Permainan Bowling, Kognitif Anak, Usia Dini. Permainan bowling dapat menjadi sebuah alternatif dalam pembelajaran mengenal angka pada anak usia dini. Sama halnya dengan pembelajaran di RA Nurus Salam Waru Barat Pamekasan, berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, implementasi permainan bowling di RA Nurus Salam Waru Barat Pamekasan dilakukan karena terdapat beberapa anak pada usia 5-6 tahun yang masih belum terlalu mengenal angka dan menghitung angka. Oleh karena itu, guru di RA Nurus Salam memiliki ide kreatif untuk membuat pembelajaran lebih menarik dengan cara bermain sambil belajar, yaitu dengan mengimplementasikan permainan bowling angka untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak yang bertujuan dengan menggunakan permainan bowling angka ini anak lebih semangat belajar dan memungkinkan anak dapat dengan mudah mengenal dan menghitung angka melalui permainan ini. Dengan fokus penelitian 1)Implementasi permainan Bowling angka dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Nurus Salam Waru Barat Pamekasan. 2)Faktor pendukung dan penghambat implementasi permainan Bowling angka dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Nurus Salam Waru Barat Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskripif dengan tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru kelompk B RA Nurus Salam dan guru pendamping. Analisis data dilakukan melalui 3 tekhnik yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian dilanjutkan dengan uji keabsahan data melalui triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan 2 tekhnik yaitu triangulasi sumber dan tekhnik. Permainan bowling angka di RA Nurus Salam, Pamekasan, berhasil mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Implementasinya melalui persiapan atau perencanaan (konsultasi kepala sekolah, modul ajar, menyiapkan sarana prasarana), pelaksanaan (guru memberi contoh, anak mencoba bermain), refleksi atau dampak (anak mampu mengenal dan menghitung angka), penilaian meliputi (kemampuan kognitif, motorik dan sosial emosional), faktor pendukung (ketersedia sarana prasarana, kesiapan guru, keaktifan dan partisipasi anak), faktor penghambat (media yang rusak, kondusifitas anak dan perilaku anak yang mengganggu teman yang lain).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 02:30 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 02:30 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8356 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |