Pengaruh Penggunaan Media Bussy Book Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Di TK Negeri Pembina Kabupaten Pamekasan

Umami, Nurwahyuni (2025) Pengaruh Penggunaan Media Bussy Book Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Di TK Negeri Pembina Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
NURWAHYUNI UMAMI_19381062098_SAMPUL.pdf

Download (93kB)
[img] Text
NURWAHYUNI UMAMI_19381062098_HALAMAN PENGASAHAN_PIAUD.pdf

Download (71kB)
[img] Text
NURWAHYUNI UMAMI_19381062098_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING_PIAUD.pdf

Download (182kB)
[img] Text
ABSTRAK NURWAHYUNI UMAMI 19381062098.pdf

Download (148kB)
[img] Text
NURWAHYUNI UMAMI_19381062098_DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I NURWAHYUNI UMAMI 19381062098.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB II NURWAHYUNI UMAMI 19381062098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III NURWAHYUNI UMAMI 19381062098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV NURWAHYUNI UMAMI 19381062098.pdf

Download (926kB)
[img] Text
NURWAHYUNI UMAMI_19381062098_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (644kB)
[img] Text
NURWAHYUNI UMAMI_19381062098_SURAT KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf

Download (274kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Bussy Book, Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Kemampuan mengenal lambang bilangan sangat penting dikuasai oleh anak, karena dalam kehidupan sehari-harinya tidak pernah terlepas dengan penggunaan lambang bilangan, misalnya ketika melihat jam, tanggal, bulan, tahun, dan nominal uang. Apabila anak tidak mengenal lambang bilangan maka akan mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah di lingkungan sehari-hari, dan juga akan menimbulkan kesulitan dalam mempelajari materi matematika selanjutnya, yang mana lambang bilangan merupakan prasyarat atau modal awal dalam mempelajari matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Bussy Book Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan di TK Negeri Pembina Kabupaten Pamekasan? Metode penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen, dengan Populasi yang digunakan sebanyak 65 orang pengambilan sampelnya sebanyak 32 orang yang ada di kelas B. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Paired T Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil data uji Paired Samples T Test dengan pengambilan keputusan nilai Sig. 2 Tailed, yaitu sebesar nilai Sig. 2 Tailed 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa media busy book berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan di TK Negeri Pembina Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan dengan lambang bilangan (angka 1-20) pada anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 04 Jul 2025 02:30
Last Modified: 04 Jul 2025 02:30
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8358

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item