Pemanfaatan Media Bahan alam Untuk Pmgenalan Keaksaraan Awal Pada Anak Kelompok A di TK Aisyah Bustanul Athfal III Tanjung Sampang

Ramadhan, Sri Hikmah Novia (2025) Pemanfaatan Media Bahan alam Untuk Pmgenalan Keaksaraan Awal Pada Anak Kelompok A di TK Aisyah Bustanul Athfal III Tanjung Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
21381062078_SAMPUL.pdf

Download (83kB)
[img] Text
21381062078_HALAMAN PERSETUJUAN .pdf

Download (813kB)
[img] Text
21381062078_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (576kB)
[img] Text
21381062078_ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
21381062078_DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
21381062078_BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
21381062078_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
21381062078_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
21381062078_BAB IV.pdf

Download (969kB)
[img] Text
21381062078_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
21381062078_ DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
21381062078_KEASLIAN TULISAN .pdf

Download (494kB)

Abstract

Kata kunci: Kelompok A , Media Bahan Alam, Pengenalan Keaksaraan Awal, Media bahan alam merupakan salah satu jenis media edukatif yang digunakan untuk menyampaikan informasi dan memperkenalkan konsep pembelajaran secara konkret dan kontekstual. sangat tepat untuk diperkenalkan pada keaksaraan awal melalui kegiatan yang bersifat eksploratif dan manipulatif. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat fokus dan tiga tujuan dari penelitian ini yaitu: pertama, untuk mendeskripsikan implementasi pemanfatan media bahan alam untuk pengenalan keaksaraan awal pada anak kelompok A di TK Aisyah Bustanul Athfal III Tanjung Sampang. Kedua untuk mendeskripsikan implikasi pemanfaatan media bahan alam untuk pengenalan keaksaran awal pada anak di TK Aisyah Bustanul Athfal III Tanjung Sampang. Ketiga untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengenalan keaksaraan pada anak kelompok A di di TK Aisyiah Bustanul Athfal III Tanjung Sampang. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru, dan hasil observasi peneliti. Lokasi penelitian berada di TK Aisyah Bustanul Athfal III, yang terletak di Tanjung, Kabupaten Sampang. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Kemudian dalam pengecekan keabsahan data hasil penelitian peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupsn referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media bahan alam seperti batu kecil, garam, ikan kerring, kerrang dan pasir dalam pengenalan keaksaraan awal di TK Aisyah Bustanul Athfal III Tanjung efektif membantu anak mengenal huruf, bentuk huruf, suku kata, dan bunyi awal dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Media ini juga berdampak positif pada perkembangan bahasa, motorik halus, dan kognitif anak, seperti melatih daya ingat, koordinasi tangan-mata, serta kemampuan berpikir. Faktor pendukungnya adalah motivasi dari guru yang menjaga semangat belajar anak, serta kemudahan memperoleh media dari lingkungan sekitar seperti batu, pasir, garam, kerang, dan ikan kering. Adapun hambatannya adalah perbedaan kemampuan intelektual anak dalam menerima dan mengolah informasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:41
Last Modified: 03 Jul 2025 08:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8363

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item