Implementasi Teknik Mencetak dari Bahan Alam untuk Melatih Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B di Nur Hidayah Karongan Sampang

Fitriya, Sulalatul (2025) Implementasi Teknik Mencetak dari Bahan Alam untuk Melatih Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B di Nur Hidayah Karongan Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
21381062066_SAMPUL.pdf

Download (432kB)
[img] Text
21381062066_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (430kB)
[img] Text
21381062066_HALAMAN PENGESAHAN_.pdf

Download (446kB)
[img] Text
21381062066_ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
21381062066_DAFTAR ISI.pdf

Download (448kB)
[img] Text
21381062066_BAB I.pdf

Download (893kB)
[img] Text
21381062066_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
21381062066_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
21381062066_BAB IV.pdf

Download (837kB)
[img] Text
21381062066_BSB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
21381062066_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
21381062066_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (344kB)

Abstract

Kata kunci : Anak Usia Dini, Perkembangan Motorik Halus, Teknik Mencetak Perkembangan motorik halus merupakan proses perkembangan otot-otot halus beserta fungsinya. Semakin dini anak diberikan stimulasi dan latihan-latihan yang dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan fisik motorik anak hasilnya akan semakin baik. . Salah satu teknik dalam melatih keterampilan motorik halus adalah teknik mencetak dengan menggunakan bahan alam. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat dua fokus dan dua tujuan dari penelitian ini yaitu: Pertama, Untuk mendeskripsikan implementasi teknik mencetak dari bahan alam dalam melatih perkembangan motorik halus anak kelompok B di PAUD Nur Hidayah Karongan Sampang. Kedua, Untuk mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat teknik mencetak terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok B di PAUD Nur Hidayah Karongan Sampang. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru kelompok B di PAUD Nur Hidayah Karongan Sampang. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian dalam pengecekan keabsahan data hasil penelitian peneliti menggunakan validitas internal, eksternal, pengujian realibitas, pengujian obyektifitas. Peneliti menggunakan validitas internal dengan tringulasi sumber yaitu triangulasi sumber dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, guru menyiapkan RPPH, alat dan bahan teknik mencetak terlebih dahulu sebelum melaksanakan kegiatan, setelah itu guru menjelaskan atau memberikan arahan cara melakukan kegiatan mencetak dari bahan alam, terakhir guru mengamati dan mengawasi kegiatan mencetak untuk menilai dan melihat perkembangan motorik halus pada anak. Kedua, faktor pendukung dalam implementasi teknik mencetak dari bahan alam untuk melatih perkembangan motorik halus anak yaitu guru memotivasi anak untuk selalu memberikan semangat dan emosi anak selama kegiatan berlangsung dan menumbuhkan minat belajar anak. Ketersediaan bahan alam dalam kegiatan mencetak yang mudah didapat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu yang terbatas membuat anak sulit untuk konsentrasi dan menyelesaikan kegiatan mencetak. Anak memiliki rentang perhatian yang singkat atau mudah teralihkan oleh hal-hal lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:41
Last Modified: 03 Jul 2025 08:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8364

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item