Implementasi konseling REBT untuk mengubah mindset negative siswa di MA. SUMBER Bungur Pakong Pamekasan

Mutmainah, Kholidatul (2020) Implementasi konseling REBT untuk mengubah mindset negative siswa di MA. SUMBER Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) kholidatul mutmainah-20160701090076- Cover- BKPI. pdf.pdf

Download (63kB)
[img] Text
c) kholidatul mutmaina-20160701090076-lebar -persetujuan -pembimbing- BKPI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
d) kholidatul mutmainah-20160701090076-halaman pengesahan- BKPI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
e) kholidatul mutmainah- 20160701090076- Abstrak- BKPI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
f) kholidatul mutmainah-20160701090076- Daftar Isi- BKPI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
g)kholidatul mutmainnah- 20160701090073- BAB I- BKPI.pdf.pdf

Download (140kB)
[img] Text
h) kholidatul mutmainah-20160701090076-BAB II- BKPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
i) kholidatul mutmainah-20160701090076-BAB III- BKPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
j) kholidatul mujtmainah- 20160701090076- BAB IV- BKPI.pdf.pdf

Download (286kB)
[img] Text
k) kholidatul mutmainnah-20160701090073- BAB V- BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
l) kholidatul mutmainah- 20160701090076-- daftar-pustaka- BKPI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
b) kholidatul mutmainah- 2016070190076- surat- pernyataan kesalian tulisan- BKPI.pdf

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengubah mindset negatif siswa terhadap guru BK seperti guru BK yang di nilai sebagai polisi sekolah., dengan menjadikan MA. Sumber Bungur Pakong Pamekasan sebagai fokus penelitian. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1. Bagaimana mindset negative siswa di MA. Sumber Bungur Pakong Pamekasan. 2. Bagaiamana pelaksanaan konseling REBT untuk mengubah mindset negative siswa kepada guru BK d MA. Sumber Bungur Pakong Pamekasan. 3. Dampak konseling REBT terhadap siswa di MA. SumberBungur Pakong Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah Descriptif Analysis. Untuk memperoleh data,maka digunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan beberapa upaya meliputi reduksi data (data reduction), paparan data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verifying). Selanjutnya, demi menjamin validitas dan keabsahan data yang diperoleh, maka dilakukan teknik triangulasi yang meliputi teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil penelitian tentang implementasi konseling REBT untuk mengubah mindset negatif siswa di MA.Sumber Bungur Pakong Pamekasan: hasil dari penyebaran angket oleh guru BK kepada siswa bhawa minset negative siswa di MA. Sumber Bungur Pakong Pamekasan 1. Beberapa siswa cenderung mempunyai mindset negative terhadap guru BK. 2. Ada beberapa siswa yang menganggap bahwa guru bk di MA. Sumber Bungur sebagai polisi sekolah 3. Ada juga salah satu siswa yang berbeda pendapat dengan siswa yang lain. Siswa disini tidak menganggap guru BK di MA. Sumber Bungur sebagai polisi sekolah siswa ini menganggap guru BK sebagai teman curhat yang bisa diajak sharing ketika ada masalah. Pelaksanaan layanan konseling REBT untuk mengubah mindset negatif siswa. Sebelum guru BK memberikanlayanan konseling REBT guru BK hendaknya : 1. Membaca do’a sebelum memulai konseling, 2. Mencairkan suasana supaya suasana tidak tegang dan sisa tidak merasa dirinya sdang diintrogasi, 3. Membuat hubungan baikdengan klien/siswa seperti menanyakan kabar, hobbi dan keadaan 4. Lalu memulai layanan konseling dengan tenang. Dampak konseling REBT terhadap mindset negative siswa di MA. Sumber Bungur Pakong Pamekasan. 1. siswa yang telah di berikan layanan konseling REBT pelanggarannya sudah mulai berkurang, 2. Siswa jarang di panggil ke ruang bk, 3. Munculnya kesadaran diri pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 14 Aug 2020 04:28
Last Modified: 20 Dec 2022 02:28
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/84

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item