Pengaruh Positive Parenting Terhadap Perkembangan Karakter Siswa di SDIT AL-Ghazali Pamekasan

Wildan, Imam Abu (2025) Pengaruh Positive Parenting Terhadap Perkembangan Karakter Siswa di SDIT AL-Ghazali Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Imam Abu Wildan_21381091055_SAMPUL.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Imam Abu Wildan_21381091055_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Imam Abu Wildan_21381091055_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Imam Abu Wildan_21381091055_ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Imam Abu Wildan_21381091055_DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Imam Abu Wildan_21381091055_BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Imam Abu Wildan_21381091055_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
Imam Abu Wildan_21381091055_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
Imam Abu Wildan_21381091055_BAB IV.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Imam Abu Wildan_21381091055_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
Imam Abu Wildan_21381091055_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Imam Abu Wildan_21381091055_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (62kB)

Abstract

Kata Kunci: Positive Parenting, Perkembangan Karakter Anak Keluarga merupakan lingkungan pertama yang berperan penting dalam membentuk kepribadian dan karakter anak. Positive Parenting sebagai pola pengasuhan yang mengedepankan kasih sayang, komunikasi terbuka, penghargaan, dan keterlibatan aktif orang tua, dinilai mampu mendorong perkembangan karakter anak secara optimal. Namun, realitas menunjukkan masih tingginya angka kekerasan terhadap anak yang menandakan kurangnya penerapan pola asuh yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Positive Parenting terhadap perkembangan karakter siswa di SDIT AL-Ghazali Pamekasan, serta sebarapa berpengaruh Positive Parenting terhadap perkembangan karakter siswa di SDIT AL-Ghazali Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Populasi pdalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 hingga 6 SDIT AL-Ghazali Pamekasan, dengan jumlah sampel sebanyak 47 wali murid yang diambil melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket menggunakan skala Likert untuk mengukur penerapan Positive Parenting dan karakter siswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji t dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Uji t parsial menunjukkan hasil yang spignifikan, dengan nilai berdasarkan hasil analisis variabel positive parenting (X) memiliki nilai t hitung sebesar 5,194 dengan tingkat signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 dan t hitung lebih besar dari t tabel 1,679, maka dapat disimpulkan bahwa positive parenting berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perkembangan karakter siswa. Selain itu, uji koefisien determinasi (R²) menghasilkan nilai sebesar 0,375 atau setara dengan 37,5%. Artinya, variabel positive parenting memberikan kontribusi sebesar 37,5% terhadap perkembangan karakter siswa, sedangkan sisanya sebesar 62,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini, seperti lingkungan sekolah, pergaulan, dan media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:58
Last Modified: 28 Jul 2025 06:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8426

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item