Badriyah, Khoirina (2025) Penerapan Hukuman Edukatif Dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SD Qur’an Utrujah dan SDIT Multazam Pamekasan. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_Cover_PAI.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_Pengesahan Dewan Penguji_PAI.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_Halaman Persetujuan_PAI.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_Bagian awal Tesis_PAI.pdf Download (718kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_Daftar Isi_PAI.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_Abstrak_PAI.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_BAB I_PAI.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_BAB II_PAI.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_BAB III_PAI.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_BAB IV_PAI.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_BAB V_PAI.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_BAB VI_PAI.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_Keaslian Tulisan_PAI.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_Lampiran_PAI.pdf Download (798kB) |
![]() |
Text
Khoirina Badriyah_23380012005_Riwayat Hidup_PAI.pdf Download (18kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembentukan Akhlak ,Siswa, Hukuman Edukatif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena akhlak siswa yang kurang baik di dua lembaga pendidikan dasar Islam, yaitu SD Qur'an Utrujah dan SDIT Multazam Pamekasan. Permasalahan akhlak yang muncul antara lain adalah kurangnya rasa hormat kepada guru, rendahnya kedisiplinan, kebiasaan berkata kasar kepada sesama, serta kurangnya kepedulian sosial di lingkungan sekolah. Kondisi ini menunjukkan bahwa pembentukan akhlak mulia belum sepenuhnya optimal dan membutuhkan pendekatan pendidikan yang lebih humanis, reflektif, dan membina. Dalam hal ini, pendekatan melalui hukuman edukatif menjadi alternatif yang potensial karena tidak hanya memberikan efek jera, tetapi juga bertujuan mendidik dan membentuk kebiasaan yang baik. Ada tiga fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama,bagaimana Penerapan Hukuman Edukatif Dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SD Qur’an Utrujah dan SDIT Multazam; kedua, bagaimana hasil dari Penerapan Hukuman Edukatif Dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SD Qur’an Utrujah dan SDIT Multazam; ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat Penerapan Hukuman Edukatif Dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SD Qur’an Utrujah dan SDIT Multazam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan hukuman edukatif dalam pembentukan akhlak siswa, mengidentifikasi hasil penerapannya, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat yang terjadi di lapangan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi multilokus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya dengan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsekuensi mendidik yang diterapkan di kedua sekolah efektif dalam membentuk kebiasaan akhlak yang lebih baik. Di SD Qur’an Utrujah, siswa menunjukkan perubahan dalam hal kedisiplinan dan penghormatan kepada guru. Sementara di SDIT Multazam, penanaman nilai dilakukan melalui pendekatan spiritual dan pembiasaan yang lebih ringan dan reflektif. Faktor pendukung di antaranya lingkungan Islami dan kerjasama antar pihak sekolah dan orang tua, sementara hambatannya berasal dari latar belakang siswa dan keterbatasan waktu pembinaan. Hasil Penerapan Hukuman Edukatif Dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SD Qur’an Utrujah, sebagai berikut: terjadinya perubahan sikap dan kesadaran siswa, serta tertanamnya nilai-nilai Islam pada siswa. Sedangkan di SDIT Multazam, sebagai berikut: terjadinya peningkatan disiplin, tanggungjawab serta adanya kesadaran yang dimiliki oleh siswa untuk tidak mengulangi kesalahan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:13 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8435 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |