Sayati, Sayati (2024) Standar Mutu Pembelajaran Al-Qur’an Pada Metode Ummi di SDIT Al Uswah Pamekasan dan SDIT Multazam Pamekasan. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
A. Cover.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
C. Lembar Pengesahan.PDF Download (296kB) |
![]() |
Text
B. Halaman persetujuan.PDF Download (155kB) |
![]() |
Text
E. ABSTRAK (1).pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
F. DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
G. BAB I.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
H. BAB II.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
H. BAB III.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
I. BAB IV.pdf Download (968kB) |
![]() |
Text
J BAB V.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
K. BAB VI.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
L. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
D. PernyataanKeaslian Tulisan.PDF Download (119kB) |
Abstract
KataKunci: Standar Mutu Pembelajaran, Al-Qur’an, Metode Ummi Terdapat fenomena di SDIT Al Uswah dan SDIT Multazam berupaya dalam melakukan standar mutu pembelajaran Al-Qur’an dengan mengacu kepada salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an yang berkembang di Indonesia yaitu metode Ummi. Dengan diterapkannya metode Ummi dapat merangsang minat belajar sekaligus mempermudah belajar membaca Al-Qur’an bagi peserta didik. Ada tiga fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana capaian standar mutu pembelajaran Al-Qur’an pada metode ummi di SDIT Al Uswah dan SDIT Multazam; kedua, bagaimana penerapan metode ummi pada pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al Uswah dan SDIT Multazam; ketiga, Bagaimana pendukung dan penghambat pembelajaran Al-Qur’an pada metode ummi di SDIT Al Uswah dan SDIT Multazam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melakukan reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya dengan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, capaian standar mutu pembelajaran Al-Qur’an pada metode Ummi di SDIT Al Uswah Pamekasan ialah beberapa standar mutu telah tercapai dengan yang ditentukan oleh Ummi Foundation, namun pada standar mutu rasio guru dan siswa yang kurang proporsional. Sedangkan di SDIT Multazam Pamekasan standar mutu yang belum tercapai ialah target tidak jelas, dan kurangnya quality control yang intensif; kedua, penerapan metode ummi pada pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al Uswah, diantaranya: pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, pelatihan, evaluasi, penutup. Sedangkan di SDIT Multazam, diantaranya: pembukaan, murojaah, penanaman dan pemahaman konsep, pelatihan, evaluasi dan penutup; ketiga, faktor pendukung pembelajaran Al Qur’an pada metode Ummi di SDIT Al Uswah, antara lain: memiliki guru yang profesional, minat dan motivasi siswa, dan suport dari yayasan. Adapun faktor penghambatnya, antara lain: kurangnya perhatian orang tua dan kondisi anak yang ramai. Sedangkan faktor pendukung di SDIT Multazam, antara lain: guru yang profesional, siswa yang disiplin, dan sarana yang memadai, adapun faktor penghambatnya, antara lain: siswa yang sulit diatur, ramai dan kurang memiliki minat dalam belajar Al-Quran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:03 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8441 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |